Cara Menambah Berat Badan Bayi Agar Ideal

Merawat dan membesarkan bayi emmang selalu penuh dengan suka duka. Banyak hal yang mungkin akan Bunda temui ketika merawat si kecil. Namun tentunya hal ini akan menjadi sesuatu yang sangat berkesan dan akan Bunda rindukan suatu hari nanti. Nikmatilah setiap momen dalam membesarkan si kecil karena hal ini terjadi dalam waktu yang sangat singkat. Berikan yang terbaik agar si kecil berkembang dengan baik.

Agar si kecil tumbuh dan berkembang dengan baik tentunya Bunda harus memberikan sesuatu yang terbaik juga, terutama dalam hal makanan yang diberikan untuk si kecil setiap harinya. Seperti yang kita ketahui bahwa makanan adalah salah satu hal yang berperan dalam tumbuh kembang si kecil. Makanan memiliki peran yang sangat penting untuk tumbuh kembang si kecil.

Salah satu kendala yang mungkin Bunda hadapi dalam membesarkan si kecil yaitu berat badan si kecil yang kadang naik turun. Hal ini mungkin wajar terjadi dalam proses perkembangan seorang anak. Namun jika berat badan si kecil tak kunjung meningkat dan bertambah maka sebaiknya jangan dibiarkan. Segera atasi dengan cara yang benar agara perkembangannya tidak terganggu. Banyak cara yang bisa Bunda lakukan untuk menambah berat badan si kecil. Apa saja cara menambah berat badan bayi dengan cepat dan mudah?

Berikut Ini Beberapa Cara Menambah Berat Badan Bayi

Berikan ASI

Bayi yang berusia dibawah 6 bulan belum dianjurkan untuk mendapatkan makanan selain ASI. Perlu diketahui bahwa ASI adalah makanan utama bagi bayi yang baru lahir dan harus diberikan secara ekslusif selama 6 bulan. Untuk menyeimbangkan berat badan si kecil yang kadang turun secara drastis maka jangan pernah hentikan pemberian ASI. ASI adalah makanan utama bayi yang kaya akan nutrisi. Dengan pemberian ASI yang benar maka berat badan si kecil tentunya akan seimbang atau ideal.

Minyak dan Mentega

Selanjutnya yang bisa Bunda lakukan untuk menambah berat badan si kecil yaitu dengan memberikan asupan makanan yang kaya nutrisi dari golongan minyak zaitun maupun mentega yang sehat. Tambahkan minyak zaitun atau mentega kedalam makanan pendamping ASI untuk bayi setelah berusia 6 bulan. Dengan penambahan komponen tersebut maka berat badan si kecil bisa bertambah dengan sangat baik.

Keju

Keju juga salah satu makanan yang baik untuk bayi untuk menambah berat badan nya. Makanan ini bahkan bisa dijadikan finger food untuk bayi usia 7 – 8 bulan. Selain itu keju juga bisa Bunda tambahkan kedalam MPASI. Kandungan nutrisi yang sangat beragam dari keju sangat bermanfaat untuk menambah berat badan bayi dengan sangat baik.

Pisang dan Ubi Manis

Pisang dan ubi seringkali digunakan sebagai makanan pendamping ASI untuk menambah berat badan bayi. Kandungan kaya nutrisi dari pisang dan ubi tentunya bisa menambah berat badan bayi dengan sangat baik. Pisang kaya akan kandungan serat, potassium, vitamin B6, vitamin C dan nutrisi penting lainnya yang berguna untuk tumbuh kembang bayi dan menambah berat badannya. Selian itu, ubi kaya akan kandungan antioksidan dari betakaroten yang bisa menjaga sistem imun tubuh si ekcil sehingga terhindar dari radikal bebas yang bisa mengganggu kesehatannya.

Buah Alpukat

Nah, selanjutnya Bunda bisa memberikan buah alpukat yang kaya nutrisi dan antioksidan untuk menambah berat badan serta menjaga sistem imun si kecil. Buah yang satu ini terbukti bisa meningkatkan berat badan bayi dengan sangat baik.

Demikian cara menambah berat badan bayi yang bisa Bunda lakukan. Dengan tindakan yang tepat maka berat badan si kecil bisa bertambah dengan cepat dan ideal. Semoga ulasan ini bermanfaat!

Related Posts

Share This