Cara Mempercepat dan Merangsang Kontraksi Agar Cepat Melahirkan

Memasuki usia kehamilan tahap akhir tentunya perasaan ibu hamil campur aduk. Mungkin saja merasa senang dan juga khawatir. Biasanya kondisi seperti ini lebih cenderung terjadi pada wanita yang baru pertama kali menghadapi persalinan. Dengan kata lain belum memiliki pengalaman sebelumnya.

Perasaan cemas ataupun khawatir yang dirasakan oleh ibu hamil pada dasarnya bersifat wajar. Dalam hal ini perlu pengelolaan emosi sehingga tidak akan mempengaruhi kesehatan janin dan kelancaran proses melahirkan.

Pada kehamilan trimester ketiga atau kehamilan tahap akhir, yang perlu diperhatikan yaitu asupan nutrisi dan hindari stress. Bagaimanapun stress bisa menjadi salah satu penghambat proses melahirkan.

Ibu hamil hendaknya mempersiapkan fisik dan mental menjelang persalinan. Perbanyak informasi seputar melahirkan dan merawat bayi. Akan tetapi hindari pengalaman buruk dari orang-orang yang pernah melahirkan secara tidak normal. Hal ini bisa menjadi penghambat proses melahirkan secara normal.

Semua wanita tentunya ingin melahirkan dengan cara normal dan lancar tanpa adanya gangguan. Nah, bagaimana caranya supaya proses kontraksi bisa berjalan dengan lancar dan normal? Simak Tipsnya berikut ini.

Tips Merangsang Kontraksi Agar Cepat Melahirkan

Jalan Santai

Memasuki tahap akhir tentunya Anda sudah tidak sabar untuk menantikan kelahiran sang buah hati. Secara umum jika sudah memasuki hitungan waktunya untuk melahirkan, sudah pasti Anda bakal merasakan tanda-tanda kontraksi.

Lalu bagaimana jika hal tersebut belum juga terjadi? Pakar kesehatan menyarankan bagi ibu hamil tahap akhir untuk melakukan beberapa kegiatan sehat seperti bejalan kaki santai pada pagi hari. Kegiatan ini memang tergolong kegiatan sehat, terlebih lagi jika dilakukan oleh ibu hamil.

Namun yang perlu diperhatikan dalam melakukan kegiatan ini yaitu sebaiknya Anda didampingi oleh orang-orang terdekat seperti suami atau anggota keluarga lainnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Selain itu, usahakan supaya tidak kelelahan dan hindari jalan terjal dan menanjak. Lakukan kegiatan jalan kaki santai pada area yang datar dan rata. Hal ini untuk menghindari Anda terjatuh dan membahayakan kehamilan.

Senam Hamil

Selanjutnya untuk merangsang kontraksi yaitu dengan melakukan senam hamil. Kegiatan ini terbilang sangat bagus bagi ibu hamil karena bisa membantu merangsang atau memperlancar kontraksi. Lakukan gerakan-gerakan senam dengan bimbingan instruktur dan jangan terlalu kelelahan.

Stimulasi Puting

Seperti yang kita ketahui bahwa puting merupakan salah satu bagian yang paling sensitive dari tubuh wanita. Nah, untuk merangsang kontraksi maka bisa melakukan stimulasi putting. Jika disentuh maka putting akan melepaskan senyawa oksitosin yang bisa membantu mempercepat proses kontraksi.

Namun dalam melakukan stimulasi putting sebaiknya dilakukan sebentar saja dan jangan berlebihan. Hal ini karena stimulasi putting yang belebihan bisa menyebabkan kontraksi kuat dan panjang. Jelas ini berbahaya.

Berhubungan Intim Dengan Suami

Stimulasi lain yang bisa dilakukan untuk memperlancar kontraksi yaitu dengan melakukan hubungan intim dengan suami. Perlu Anda ketahui bahwa cairan sperma mengandung hormone prostaglandin yang bisa membantu melunakkan leher Rahim sehingga lebih cepat membuka. Dengan begitu maka akan merangsang proses kontraksi.

Akan tetapi Anda harus berhati-hati dan lakukan dengan posisi yang aman. Berhubungan intim selama hamil memang tidak dilarang selama dilakukan dengan posisi yang benar dan aman sehingga tidak membahayakan kehamilan.

Demikian beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait cara merangsang kontraksi agar cepat melahirkan. Semoga bermanfaat ya Bunda.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517