Cara Memompa ASI yang Aman Dengan Menggunakan Tangan

Cara memompa ASI. Memerah atau memompa ASI dengan menggunakan tangan merupakan salah satu cara yang paling baik untuk memerah ASI. Cara ini pastinya tidak membutuhkan peralatan, bahkan seorang ibu bisa melakukan cara ini kapan saja juga dimana saja. Cara memompa ASI dengan menggunakan tangan yang mudah dilakukan yaitu ketika keadaan payudara dalam keadaan yang lunak. Dan sebaiknya Anda harus bisa memerah ASI di hari pertama atau bahkan hari kedua setelah melahirkan.

Nah, di bawah ini ada beberapa cara memompa ASI dengan tangan yang bisa Anda ikuti dengan baik dan benar, yaitu sebagai berikut:

  1. Ketika hendak memompa ASI baik menggunakan tangan ataupun alat, maka sebaiknya Anda mencuci tangan terlebih dahulu dengan menggunakan sabun dan air.
  2. Untuk bagian payudara, Anda cukup membersihkannya satu kali dalam satu hari. Karena terlalu sering membersihkan payudara hanya akan membuat keadaan kulit menjadi lebih sensitive, bahkan area areola akan mudah kering, dan itu meningkatkan resiko terjadinya retak di payudara.
  3. Anda bisa menciptakan rutinitas pemerahan agar keadaan tubuh ibu bisa lebih terkondisikan, agar Anda lebih cepat untuk beradaptasi serta bisa memudahkan pemancingan refleks oksitosin. Anda bisa mengambil posisi yang nyaman, misalkan Anda bisa berdiri atau bahkan duduk. Dan Anda bisa memijat bagian payudara sebentar.
  4. Anda dianjurkan untuk meletakkan ibu jari di atas putting atau bahkan di bawah areola. Pastikan posisi jari telunjuk berada di bagian bawah puting atau bahkan areola, serta bersebrangan dengan ibu jari. Sanggalah dan pegang bagian payudara dengan menggunakan jari yang lain.
  5. Doronglah payudara agar lurus ke belakang ke arah dinding dada. Karena ada diantaranya beberapa ibu yang menemukan jika payudara ditekan dengan sangat lembut, menuju serta keluar kea rah dinding dada, sambil menekan bagian payudara dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Anda juga harus menghindari untuk melebarkan jari-jari Anda. Jika payudara Anda besar, maka langkah yang baik yaitu angkat terlebih dahulu payudara Anda, dan setelah itu doronglah kea rah dinding dada Anda.
  6. Anda bisa menekan ibu jari sedikit ke depan dank e bawah sama halanya ketika Anda akan melakukan pangambilan cap jempol. Pindahkan tekanan jari dari jari tengah ke bagian jari telunjuk ketika Anda tengah menekan. Setelah itu, bagian jaringan payudara Anda tekan dan lepas antara jempol serta jari-jari untuk beberapa saat saja.

Gerakan seperti ini mampu memberikan stimulasi gerakan yang bergelombang yang memang menyerupai seperti sedang melakukan gerakan lidah bayi yang menekan langit-langit mulut, serta menghisap saluran ductus tanpa harus melukai jaringan payudara yang sangat sensitif.

Related Posts

Share This