Cara Membuat Tomat saring Untuk Pelengkap MPASI

Buah-buahan dan sayuran merupakan salah satu sumber makanan yang dianjurkan sebagai pelengkap MPASI. Hal ini karena makanan tersebut memiliki kandungan vitamin dan mineral cukup tinggi untuk melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil di setiap tahap perkembangannya. Namun dalam hal ini sangat disarankan untuk memperkalkan sayuran terlebih dahulu dibandingkan dengan buah-buahan. Tujuannya yaitu supaya si kecil terbiasa mengkonsumsi sayuran. Seperti yang kita ketahui bahwa anak-anak cenderung tidak menyukai sayuran karena rasanya tawar.

Sayuran memiliki kandungan serat cukup tinggi yang berguna untuk mencegah gangguan pencernaan. Mengkonsumsi sayuran juga sangat bermanfaat untuk mencegah dehidrasi karena sayuran mengandung banyak air. Selain itu, sayuran juga memiliki kandungan vitamin dan mineral penting seperti vitamin A, vitamin C vitamin E dan kalsium untuk membangun jaringan tubuh dan meningkatkan pertumbuhan sel.

Pada awal pemberian MPASI, jenis sayuran yang bisa Anda berikan untuk si kecil yaitu tomat. Jenis sayuran yang satu ini bisa diolah menjadi tomat saring. Teksturnya yang lembut dan encer akan memudahkan si kecil untuk melumat dan mencernanya. Lalu bagaimana untuk membuat tomat saring? Simak penjelasan mengenai resep dan cara membuatnya berikut ini.

Bahan:

  • 1 buah tomat matang
  • 1 sdt sirup maple

Cara membuat tomat saring:

  1. Tomat dicuci bersih. Lalu rebus di dalam air mendidih hingga kulitnya lunak dan mengelupas.
  2. Angkat tomat dari rebusan, setelah agak dingin bersihkan bagian kulitnya.
  3. Saring tomat menggunakan saringan kawat.
  4. Setelah benar-benar halus, tuangkan ke dalam gelas dan sajikan pada bayi menggunakan sendok.
  5. Anda bisa membuat variasi tomat saring dengan menggunakan tambahan yoghurt tanpa rasa.

Tomat yang sudah matang memiliki warna merah yang merupakan zat likopen yaitu senyawa fitokimia yang berperan penting sebagai antioksidan. Tomat juga memiliki kandungan selenium dan vitamin E yang bekerja sama dalam mencegah radikal bebas yang bisa mengakibatkan kerusakan sel dan penuaan. Selain itu, tomat sangat kaya akan kandungan vitamin C yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan nafsu makan si kecil.

Nah, itulah resep dan cara membuat tomat saring untuk melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil dalam tahap pemberian MPASI. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517