Cara Membuat Salad Buah Saus Alpukat Untuk Anak

Buah-buahan memiliki serat alami yang akan memberikan efek kenyang. Makanan berserat juga sangat bagus untuk memperlancar saluran pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, buah-buahan mengandung vitamin dan mineral penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Kandungan nutrisi pada buah-buahan diantaranya yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin K, magnesium, potassium, kalium, kalsium dan mineral penting lainnya.

Kandungan vitamin dan mineral pada buah-buahan tentunya sangat berguna untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak. Maka dari itu, mulailah untuk menanamkan kebiasaan mengkonsumsi buah pada anak sejak dini. Supaya si kecil tidak mudah bosan, cobalah untuk membuat variasi cemilan dari buah-buahan, contohnya salad buah.

Adapun resep serta cara membuat salad buah tentunya sangat mudah dan sederhana sekali, lebih jelasnya berikut ini:

Bahan utama:

  • 60 gram buah semangka (potong dadu)
  • 60 gram pisang ambon (potong dadu)
  • 60 gram buah melon (potong dadu)
  • 60 gram jeruk mandarin

Saus alpukat:

  • 100 gram buah alpukat dihaluskan
  • 60 ml air jeruk manis

Cara membuat salad buah saus alpukat:

  1. Saus alpukat: Campurkan daging buah alpukat yang telah dihaluskan dengan air jeruk manis. Lalu aduk rata.
  2. Campurkan semua potongan buah. Masukkan ke dalam wadah saji. Kemudian siram dengan saus alpukat dan hidangkan.

Buah alpukat memiliki kandungan asam linoleat dan linolenat yang berguna untuk melumasi persendian tulang. Alpukat juga mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk perkembangan otak dan kecerdasan anak. Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin B kompleks yang berperan penting dalam menjaga sel-sel tubuh dan meningkatkan perkembangan jaringan.

Sedangkan manfaat buah semangka diantaranya yaitu sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang bisa membahayakan  sel-sel di dalam tubuh. Hal ini karena buah semangka mengandung flavonoid. Buah semangka sangat bagus untuk meningkatkan sistem kekbalan tubuh si kecil karena mengandung vitamin C. Selain itu, kandungan kalium dan air pada buah semangka sangat tinggi dan berfungsi dalam mengeluarkan zat-zat racun dari dalam tubuh.

Dengan mengetahui manfaat yang luar biasa dari salad buah-buahan, Anda tidak perlu ragu lagi untuk membuat sajian yang satu ini sebagai cemilan sehat untuk anak disela-sela jadwal makanan utama. Selamat mencoba!

Related Posts

Share This