Cara Membuat Puding Soya Untuk Cemilan Anak

Pada umumnya bayi usia satu tahun sudah mengenal aneka rasa makanan seperti manis ataupun asin. Disamping itu, kebutuhan asupan makanan juga akan semakin meningkat sehingga si kecil tiddak hanya membutuhkan makanan utama. Akan tetapi si kecil juga sudah mulai membutuhkan makanan selingan atau cemilan untuk melengkapi semua kebutuhan nutrisinya.

Dalam hal ini Anda sebagai orangtua dituntut untuk menyajikan makanan selingan/cemilan yang sehat dan bergizi. Sebisa mungkin Anda meracik sendiri cemilan untuk si kecil daripada harus membeli produk instan. Hal ini karena makanan yang dibuat sendiri bisa lebih terjamin kebersihan , keamanan dan kandungan gizinya sehingga si kecil terhindar dari penyakit.

Salah satu alternatif menu cemilan sehat dan bergizi untuk si kecil yaitu puding soya. Selain rasanya enak, cemilan yang satu ini juga kaya akan manfaat untuk menunjang pertumbuhan si kecil. Berikut ini resep dan cara untuk membuat puding soya.

Bahan:

  • 7 gram bubuk agar-agar putih
  • 500 ml susu kedelai
  • 100 gram mangga (potong dadu)
  • 3 sdm gula pasir

Cara membuat puding soya:

  1. Larutkan bubuk agar-agar dengan gula pasir dan susu kedelai. Lalu aduk rata dan masak sambil diaduk sampai mendidih/matang. Angkat.
  2. Siapkan beberapa cetakan puding dengan ukuran kecil dan susun potongan buah mangga. Kemudian tuangkan adonan agar-agar dan dinginkan hingga mengeras.
  3. Jika sudah mengeras maka keluarkan puding dari cetakan dan susun diatas piring saji. Puding siap dihidangkan.

Puding merupakan salah satu jenis makanan yang berbahan dasar agar-agar. Manfaat puding tentunya sangat banyak, salah satunya yaitu untuk memperlancar saluran pencernaan si kecil. Hal ini karena agar-agar yang berasal dari rumput laut memiliki kandungan serat cukup tinggi. Seperti halnya tanaman darat, rumput laut juga memiliki klorofil (zat hijau daun) yang berfungsi sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem imun si kecil.

Nah, puding soya ini bisa dengan mudah Anda sajikan untuk cemilan si kecil di sela-sela jadwal makanan utama. Supaya lebih bervariasi, Anda bisa menambahkan potongan buah yang lainnya seperti kiwi ataupun stroberi.

Related Posts

Share This