Cara Membuat Pisang Lumat Untuk Bayi

Pada usia 6 bulan, sistem pencernaan bayi sudah mulai berfungsi dengan baik dan bisa mencerna makanan selain ASI. Pada tahapan ini Anda sudah bisa memperkenalkan makanan padat pendamping ASI. Makanan pertama yang diperkenalkan harus memiliki tekstur lembut dan encer seperti bubur susu atau pisang lumat sehingga lebih mudah untuk ditelan serta dicerna oleh bayi.

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan gizi sangat baik. Bila dibandingkan dengan buah-buahan yang lain, pisang menyediakan energi cukup tinggi. Kandungan gizi buah pisang diantaranya yaitu kalsium, magnesium, posfor, kalium dan zat besi. Selain itu, pisang juga mengandung vitamin B kompleks, vitamin B6, vitamin C dan serotonin yang berperan penting sebagai neurotransmitter untuk mendukung fungsi otak.

Berikut Cara Membuat Pisang Lumat

Bahan yang diperlukan:

  • 1 buah pisang (ambon atau raja) yang sudah matang

Cara membuat pisang lumat:

  1. Pisang dikupas memanjang dan kulitnya jangan sampai lepas.
  2. Keruk pisang menggunakan sendok berukuran kecil (sendok teh).
  3. Taruh pisang yang sudah di keruk ke dalam wadah kecil.
  4. Supaya pisang tidak berubah warna, tambahkan air perasan jeruk dan aduk rata.
  5. Pisang lumat siap untuk disajikan.

Kandungan kalium pada buah pisang berperan penting dalam mendukung fungsi sel saraf untuk memperlancar pengiriman oksigen menuju otak sehingga membantu keseimbangan cairan tubuh. Selain itu pisang juga memiliki kandungan serat cukup tinggi yang berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan si kecil.

Pisang lumat sebaiknya dibuat untuk satu kali penyajian dan diusahakan sekali habis. Jangan memberikan pisang lumat sisa karena mungkin rasanya akan berbeda dan kandungan gizinya sudah rusak. Makanan sisa bisa saja terkontaminasi oleh kuman dan bakteri sehingga berpotensi mengakibatkan gangguan pencernaan pada bayi.

Baca Juga:  Menu MPASI: Sup Salmon dan Labu Siam

Selain itu, jangan pernah menghaluskan pisang dengan cara ditumbuk karena akan merubah citarasa sehingga bayi cenderung tidak akan menyukainya. Gunakanlah sendok untuk mengeruk daging buah pisang karena pada dasarnya buah pisang memiliki tekstur daging buah yang lembut sehingga tidak perlu dihaluskan lagi. Selamat mencoba!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517