Cara Membuat Makanan Bayi Sehat yang Bernutrisi

Merupakan hal yang penting untuk Anda mengetahui cara membuat makanan bayi ketika si kecil mulai memasuki usia di mana ia harus mengenal makanan pendamping ASI (MPASI). Memang untuk saat ini banyak sekali makanan yang telah tersedia yang bisa Anda beli di pasaran, namun alangkah lebih baik lagi jika Anda membuatnya untuk memberikan nutrisi yang baik untuk si kecil.

Lantas, apa saja keuntungan dalam membuat makanan bayi sendiri? Berikut bberapa manfaat yang akan Anda dapatkan ketika Anda membuat makanan abyi sendiri tanpa membelinya di pasaran, yaitu sebagai berikut:

  1. Kita akan mengetahui dengan persis apa saja yang di makan si kecil serta kandungan yang ada di dalamnya
  2. Membuat makanan bayi sendiri pastinya lebih ekonomis serta lebih bernutrisi
  3. Bisa leluasa memilih buah dan sayur sebagai bahan dasar makanan si kecil
  4. Si kecil akan terbiasa serta cepat menyesuaikan apa yang di konsumsi oleh keluarganya
  5. Mudah juga menjamin asupan nutrisi yang di butuhkan oleh si kecil.

Hal terpenting yang harus Anda perhatikan dalam membuat makanan bayi yaitu jangan memasak atau bahkan memanggang makanan dengan temperature yang tinggi dan lama, karena hal tersebut bisa merusak serta membuang nutrisi yang ada di dalam makanan tersebut. Dan Anda dianjurkan untuk memasak makanan dalam temperature yang sedang.

Nah, jika Anda membuat makanan bayi dalam porsi yang besar atau banyak, yang nantinya akan Anda berikan kembali kepada si kecil, maka sebaiknya Anda simpan makanan tersebut dalam freezer.
Dan berikut ini beberapa cara dalam membuat makanan bayi yang sehat dan sederhana yang bisa Anda peraktekkan di rumah, yaitu sebagai berikut:

  1. Cuci hingga bersih, dan bilaslah bahan makanan untuk diberikan kepada si kecil
  2. Anda harus memastikan kalau Anda telah mencuci bahkan mensterilkan peralatan yang akan Anda gunakan untuk membuat makanan bayi
  3. Kupaslah bagian kulit buah atau sayuran
  4. Kukuslah buah-buhan atau sayuran yang akan diberikan kepada bayi hingga benar-benar lunak
  5. Anda bisa menghalsukan bahan makanan dengan menggunakan sendok, atau bahkan jika perlu Anda bisa menghaslukan dengan cara di blender
  6. Jika porsi makanan yang dibuat terlalu banyak dan akan diberikannya untuk keesokan harinya, Anda bisa menyimpannya di dalam freezer
  7. Pastikan Anda memberikan makanan dalam keadaan segar, tidak terlalu dingin atau bahkan tidak dalam keadaan beku.

Selain buah-buhan atau bahkan sayuran, Anda juga bisa memilih bahan dasar makanan bayi yang lainnya, seperti daging tanpa lemak, telur atau bahkan kacang-kacangan yang di masak dengan cara yang tepat.

Dan itulah beberapa tips dalam membuat makanan bayi yang bisa Anda buat sendiri di rumah tanpa harus mengeluarkan tenaga atau bahkan waktu yang lama.

Related Posts

Share This