Cara Membuat Jus Semangka Untuk Bayi

Sampai saat ini belum ada aturan baku mengenai usia berpa bayi boleh mengkonsumsi buah semangka. Kandungan air dan gula pada buah semangka sangat tinggi yaitu 91% air dan 6% gula maka disarankan buah semangak ataupun jus buah yang lainnya diberikan pada bayi ketika berusia 6-7 bulan. Jus buah hanya sebagai pelengkap bukan sebagai makanan utama.

Semangka merupakan salah satu buah yang memiliki pigmen flavonoid yaitu warna merah pada daging buah semangka. Pigmen flavonoid berperan penting sebagai antialergi dan antioksidan yang berguna untuk memberikan perlindungan terhadap radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh.

Kandungan zat antioksidan juga berfungsi melindungi pembuluh darah, serabut otot dan tulang rawan. Disamping itu, semangkan juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya peradangan dan membuat tubuh anak menjadi lebih bugar. Pigmen warna merah pada buah semangka sering disebut juga sebagai likopen yang berfungsi untuk melindungi dari kanker dan serangan arthiritis.

Semangka termasuk buah yang mudah untuk disajikan pada bayi. Daging buahnya lembut dan rasanya manis membuat semangka cukup hanya dipotong-potong dan dihaluskan menjadi jus. Berikut cara membuat jus semangka untuk minuman sehat si kecil.

Bahan yang diperlukan:

  • 350 gram buah semangka
  • 100 ml susu formula

Cara membuat jus semangka:

  1. Daging buah semangka dipotong kecil-kecil.
  2. Masukkan ke dalam blender dan haluskan.
  3. Tambahkan susu formula dan aduk rata.
  4. Angkat, tuangkan ke dalam gelas dan sajikan pada bayi.

Sangat mudah bukan untuk membuat jus semangka? Pastikan buah yang Anda gunakan bersih dan terbebas dari zat kimia atau bakteri sehingga tidak akn membahayakan kesehatan si kecil. Sebelum dipotong, cuci terlebih dahulu buah-buahan yang akan dibuat jus. Kebersihan menjadi faktor penting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

Hindari menyimpan dan memberikan sisa jus buah karena bisa menyebabkan diare pada bayi. Biasakan untuk memberikan jus buah yang masih fresh dan sekali habis. Jika ada sisa sebaiknya dibuang dan membuat lagi yang baru. Selamat mencoba!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517