Cara Membuat Jus Semangka dan Pepaya Untuk Bayi

Buah-buahan merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik untuk bayi. Buah-buahan sudah mulai bisa diperkenalkan untuk si kecil sejak berusia 6 bulan sebagai makanan pendamping ASI. Pada usia ini sistem pencernaan bayi sudah mulai berfungsi dengan baik dan bisa mencerna makanan selain ASI. Namun tetap saja Anda harus membatasi porsi buah untuk si kecil karena pada usia ini sistem pencernaan bayi masih dalam tahap penyempurnaan.

Jenis olahan buah yang bisa Anda sajikan untuk si kecil yaitu pure dan jus buah. Tekstur yang encer memudahkan bayi untuk menelan dan mencernanya. Nah, berikut ini penulis akan berbagi resep dan cara membuat jus buah semangka dan pepaya untuk melengkapi MPASI. Selengkapnya simak penjelasan dibawah ini.

Bahan yang diperlukan:

  • 150 gram buah pepaya, bersihkan bijinya
  • 150 gram buah semangka merah
  • 50 ml susu formula
  • 50 ml air jeruk manis

Cara membuat jus semangka dan pepaya:

  1. Masukkan buah pepaya dan semangka ke dalam blender, lalu haluskan.
  2. Tuangkan ke dalam wadah dan tambahkan air jeruk manis.
  3. Cairkan dengan susu formula.
  4. Tuangkan ke dalam gelas dan sajikan.

Praktis sekali bukan? Anda bisa menyajikan jus buah semangka dan pepaya di sela-sela jadwal makanan utama. Perlu diingat bahwa jus buah harus diberikan pada bayi secara teratur dan jangan berlebihan karena bisa mengakibatkan gangguan pencernaan. Disarankan untuk memberikan jus buah satu jam sebelum jadwal makan. Hal ini berguna untuk menambah nafsu makan si kecil.

Buah semangka memiliki kandungan pigmen flavonoid yang merupakan warna merah pada bagian daging buah. Pigmen tersebut berfungsi sebagai antioksidan yang berperan penting dalam menangkal radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Selain itu, zat antioksidan berguna untuk melindungi pembuluh darah, tulang rawan dans erabut otot.

Sedangkan buah pepaya bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan dan mencegah sembelit karena mengandung enzim papain. Selain itu, buah pepaya juga mengandung karotenoid yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menjaga kesehatan tubuh si kecil.

Related Posts

Share This