Cara Membuat Jus Kiwi Untuk Bayi Usia 6-12 Bulan

Buah-buahan merupakan salah satu sumber makanan yang sangat kaya akan kandungan vitamin dan mineral penting untuk menunjang perkembangan anak, salah satunya yaitu buah kiwi. Kandungan vitamin C pada buah kiwi sangat tinggi yaitu hampir setara dengan tuiga buah jeruk. Selain itu, buah kiwi juga mengandung vitamin A, vitamin E, posfor, seng zat besi, kalsium, magnesium dna mangan. Kandungan nutrisi tersebut berperan penting dalam meningkatkan sistem imun anak.

Resep dan Cara Membuat Jus Buah Kiwi

Bahan:

  • 1 buah kiwi
  • 100 ml air matang

Cara membuat jus kiwi:

  1. Kupas buah kiwi dan potong kecil-kecil.
  2. Blender hingga lembut dan mengental.
  3. Angkat dan tuangkan ke dalam gelas.
  4. Siap untuk disajikan.

Bagaimana Bunda? Sangat mudah bukan membuat jus kiwi untuk si kecil? Manfaat lain jus kiwi untuk si kecil yaitu meningkatkan nafsu makan. Selain itu, buah kiwi mengandung asam folat sekitar 10% yang berguna untuk memproduksi hemoglobin (sel darah merah).

Kandungan vitamin C dan vitamin E pada buah kiwi sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun anak dan meningkatkan penyerapan zat besi. Menurut sebuah riset menemukan bahwa buah kiwi merupakan buah yang sangat padat gizi. Kandungan serat buah kiwi yaitu sekitar 16% yang berguna untuk mencegah sembelit. Kandungan fitonutrien pada buah kiwi berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah zat asing berbahaya bagi tubuh.

Meskipun buah kiwi menawarkan kandungan gizi yang berlimpah, namun Anda harus memberikan jus kiwi secara teratur pada bayi. Jika jus kiwi diberikan secara berlebihan maka bisa mengakibatkan gangguan pada usus dan sistem pencernaan lainnya. Hal ini karena kiwi memiliki kandungan asam cukup tinggi.

Anda juga harus teliti dalam memilih kualitas buah yang bagus. Jika memungkinkan, pilihlah buah dari hasil pertanian organik sehingga lebih aman dari paparan pestisidan dan zat kimia berbahaya lainnya. Untuk meminimalisir kandungan pestisida, cuci bersih buah kiwi sebelum diolah menjadi jus. Selamat mencoba!

Related Posts

Share This