Cara Membuat Jus Bayam dan Tomat Untuk Anak

Tidak hanya buah-buahan, Anda juga bisa mengolah sayuran menjadi jus sebagai minuman sehat untuk melengkapi kebutuhan gizi si kecil. Salah satu jenis sayuran yang bisa Anda olah menjadi jus yaitu bayam dan tomat. Perlu Anda ketahui bahwa bayam sangat bermanfaat untuk meningkatkan asupan zat besi sehingga menunjang kemampuan daya ingat anak. Zat besi membantu mengoptimalkan kinerja dan aktivitas zat pengantar di dalam otak.

Sedangkan tomat memiliki kandungan selenium dan vitamin E yang bekerja bersama dalam memperlambat kerusakan sel-sel tubuh yang diakibatkan oleh radikal bebas. Selain itu, tomat juga sangat bagus untuk meningkatkan nafsu makan si kecil. Caranya yaitu dengan memberikan jus tomat satu jam sebelum jadwal makan.

Tomat memiliki kandungan vitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. Sedangkan kandungan vitamin C pada buah tomat sangat bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan sistem imun anak. Dengan mengkonsusmi tomat secara teratur maka si kecil tidak akan mudah terserang oleh penyakit.

Berikut bahan dan cara membuat jus bayam dan tomat

Bahan:

  • 1 buah tomat
  • 2 genggam bayam
  • 2 sdm air jeruk manis
  • 100 ml air

Cara membuat jus bayam dan tomat:

  • Tuangkan air matang ke dalam blender, kemudian masukkan tomat dan bayam yang sudah direbus. Blender sampai benar-benar halus.
  • Setelah halus diangkat dan saring airnya.
  • Tambahkan air jeruk manis, aduk rata dan sajikan pada bayi.

Tomat yang sudah masak memiliki warna merah. Pigmen warna merah tersebut merupakan zat likopen yaitu fitokimia yang berfungsi sebagai zat antioksidan. Disamping itu, vitamin A sangat dibutuhkan oleh anak usia balita. Kebutuhan vitamin A untuk anak usia 1-3 tahun yaitu sekitar 300 mikrogram perhari atau sekitar 1000 IU.

Baca Juga:  Cara Mudah Membuat Sup Daging dan Jamur Untuk Anak

Dalam 1 buah tomat dengan berat 60 gram terdapat kandungan vitamin A sekitar 600-1000 IU. Itu berarti untuk anak usia balita dibutuhkan 2 buah tomat untuk mencukupi kebutuhan vitamin A setiap harinya.

Itulah penjelasan singkat mengenai cara membuat jus bayam dan tomat serta manfaatnya untuk membantu pertumbuhan anak. Semoga menjadi referensi yang bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517