Cara Membuat Jus Alpukat Untuk MPASI

Bingung mau membuat menu sehat apalagi untuk si kecil? Buah alpukat bisa menjadi salah satu pilihan tepat sebagai makanan pendamping ASI yang bisa Anda sajikan. Mengapa demikian? Hal ini karena buah alpukat memiliki tekstur lembut dan lebih mudah untuk dicerna. Selain itu, alpukat termasuk ke dalam salah satu jenis buah yang memiliki kandungan nutrisi tinggi.

Kandungan gizi buah alpukat diantaranya yaitu protein, lemak baik (omega-3), karbohidrat, kalsium, posfor, zat besi dan vitamin A. Buah alpukat juga mengandung karotenoid lutein, folat, serat, potassium dan vitamin E. Semua kandungan nutrisi tersebut sangat berguna untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

Kandungan lemak tak jenuh yaitu omega-3 pada buah alpukat sangat efektif untuk mengoptimalkan perkembangan otak si kecil. Omega-3 juga sangat berguna untuk menjaga kesehatan sistem saraf. Selain itu, kandungan lemak tak jenuh berperan penting dalam menambah bobot tubuh bayi.

Asam oleat pada buah alpukat berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang bisa membahayakan kondisi kesehatan si kecil. Selain itu, kandungan potassium dan kalium berperan dalam menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung.

Resep Jus Alpukat

Bahan yang diperlukan:

  • 1 buah alpukat
  • 50 gram madu
  • 1 sdm susu bubuk khusus bayi
  • 74 ml air

Cara membuat jus alpukat:

  1. Masukkan semua bahan ke dalam blender.
  2. Blender hingga halus dan lembut.
  3. Tuangkan ke dalam gelas dan sajikan pada bayi.

Jus buah untuk si kecil sebaiknya tidak menggunakan gula atau pemanis buatan. Penambahan gula disarankan setelah bayi berusia diatas 1 tahun. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan si kecil danĀ  mencegah berbagai masalah seperti kelebihan berat badan ataupun kerusakan gigi. Selain itu, sistem organ dalam si kecil seperti hati dan gunjal belum sepenuhnya berfungsi dengan baik untuk menyaring gula dan garam.

Pemberian jus buah harus dilakukan secara teratur sehingga tidak mengganggu asupan makanan utama. Anda bisa memberikan jus buah di sela-sela jadwal makanan utama yaitu antara makan pagi dan siang serta antara makan siang dan malam. Dengan begitu kebutuhan gizi si kecil akan tercukupi sehingga mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Related Posts

Share This