Cara Membersihkan Telinga Dengan 3 Ramuan Sederhana Ini, Dijamin Ampuh!

Cara membersihkan telinga. Bagian kotoran telinga atau dalam bahasa medisnya di sebut dengan cerumen merupakan salah satu bahan alami yang memang diproduksi oleh tubuh guna melindungi serta melumas bagian telinga dari kotoran-kotoran luar yang masuk. Bukan hanya itu, kotoran telinga ini juga merupakan bahan antinakterial yang mana secara alami mampu mencegah terjadinya infeksi pada telinga bagian dalam.

Jika kita berbicara terkait kotoran telinga, walaupun kotoran telinga merupakan hal yang baik, tetap akan berbahaya untuk kesehatan jika Anda membiarkannya menumpuk tanpa ada usaha untuk membersihkannya. Bisa jadi kesehatan Anda terutama kesehatan telinga Anda akan terganggu.

Untuk membersihkan telinga dari kotoran yang menumpuk, banyak diantaranya orang-orang yang memang menggunakan alat-alat yang bisa membahayakan telinga untuk membersihkannya dari kotoran, diantaranya seperti bobby pins atau dalam kata lain besi untuk pengorek kotoran telinga. Dan Anda harus hati-hati dengan benda ini, bisa-bisa kotoran telinga akan masuk lebih dalam lagi.

Nah, untuk cara membersihkan telinga, Anda bisa mencoba untuk meracik ramuan alami yang sederhana guna membersihkan bagian telinga Anda dan mengeluarkan kotoran dari telinga yang memang aman untuk dilakukan tanpa harus merasakan rasa sakit, caranya yaitu sebagia berikut:

1. Air garam

Anda bisa mencampurkan sau sendok garam dengan satu cangkir setengah air yang masih hangat, aduk hingga garam melarut. Setelah itu, Anda rendam kapas dalam air garam tersebut. Jika sudah, Anda miringkan kepala pada satu sisi, peraslah kapas sedikit demi sedikit kedalam telinga Anda. Tahan posisi Anda kurang lebih selama 3-5 menit. Jika sudah, miringkan kepala Anda kea rah yang berlawanan, tahan hingga air garam tersebut keluar dari telinga Anda. Ulangi cara ini pada bagian sisi yang lainnya. Setelah itu, bersihkan telinga Anda juga kotorannya dengan menggunakan kain bersih.

2. Cuka dan Alkohol

Untuk cara yang satu ini, Anda bisa mencampurkan alkohol dengan cuka dengan perbandingan 1:1. Setelah itu, rendamkan kapas yang bersih pada campuran cuka tersebut. Kemduan, miringkan kepala Anda pada satu sisi, lalu teteskan kapas yang sebelumnya telah di masukkan pada campuran cuka secara sedikit demi sedikit. Tahan posisi Anda selama 3-5 menit. Kemudian, keluarkan cairan tersebut dengan cara memiringkan kepala dengan berlawanana arah, tahan hingga air yang ada di dalma telinga keluar. Kemudian, Anda bisa membersihkan kotoran yang ada di sekitaran telinga dengan menggunakan cotton bud dengan sangat hati-hati.

3. Minyak Zaitun

Untuk minyak zaitun, Anda hanya perlu menghangatkannya saja dalam wadah. Kemudian, Anda bisa memanfaatkan pipet untuk meneteskan minyak tersebut kedalam telinga. Biarkan kurang lebih selama 10 menit, sampai kotoran yang ada di dalam telingan melunak. Kemudian miringkan telinga Anda dan bersihkan dengan menggunakan cotton bud.

Related Posts

Share This