Cara Memasak Sayur dan Buah Supaya Vitaminnya Terjaga

Mungkin Anda semua tahu akan pentingnya sayur dan buah untuk si kecil dalam masa pertumbuhan. Kedua jenis sumber makanan tersebut kaya akan kandungan nutrisi, terutama vitaminĀ  dan mineral. Akan tetapi cara memasak sayur serta buah yang tidak tepat ternyata bisa merusak dan bahkan menghilangkan kandungan nutrisinya. Pengolahan dan cara memasaka sayur memang harus dilakukan dengan teknik yang tepat.

Cara memasak sayur yang tidak tepat akan membuat kandungan nutrisinya larut. Salah satu contohnya vitamin B dan vitamin C bisa larut dalam airĀ  serta rusak bila terkena oleh suhu terlalu tinggi. Secara perlahan nutrisi tersebut akan hilang sehingga yang dikonsumsi hanya berupa ampas saja tanpa ada kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Bahkan sering kita jumpai ketika memasak sayuran warnanya berubah sesuai dengan warna asli sayuran tersebut. Nah, kondisi tersebut merupakan pelarutan dari beberapa nutrisi yang terkandung pada sayuran. Hal ini mengindikasikan bahwa nutrisi pada sayur sebagian telah hilang dan rusak.

Salah satu cara memasak sayuran yang peling aman yaitu dengan cara mengukus bukan merebus. Pada waktu mengukus, makanan tidak akan mengalami kontak langsung dengan air bersuhu panas sehingga vitamin dan nutrisi lainnya akan tetap terkunci.

Dalam proses mengukus sayur maupun buah, Anda bisa menggunakan panci khusus atau microwave. Dengan menerapkan teknik seperti ini maka kandungan nutrisi dalam sayur akan tetap terjaga dengan baik. Segala kebaikan dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh tidak akan mengalami kerusakan.

Tips dan Cara Memasak Sayur atau Buah Yang Baik

  1. Jangan memotong buah-buahan dan sayuran dengan ukuran yang terlalu kecil karena makanan akan dengan mudah menyerap udara. Jika hal ini terjadi maka akan merusak kandungan nutrisinya.
  2. Cuci buah dan sayur menggunakan air kran yang mengalir. Jangan merendam sayuran atau buah-buahan di dalam wadah yang berisi air karena bisa merusak kandungan nutrisinya. Pencucian dengan air mengalir dinilai lebih baik.
  3. Memasak buah dan sayur gunakan teknik mengukus untuk menjaga kandungan nutrisinya. Namun jika mengharuskan untuk merebus maka gunakan sedikit air dan masukan makanan setelah air mendidih. Bahkan supaya nutrisinya tidak banyak terbuang, perebusan sayuran hanya berlaku untuk proses membuat sup sehingga ai rebusan masih bisa dikonsumsi.

Cara pengolahan makanan menjadi salah satu aspek penting dalam mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil. Pengolahan makanan mempengaruhi keutuhan nutrisi yang berguna bagi tubuh. Maka darin itu dari mulai aspek kebersihan dan cara pengolahan sebaiknya dilakukan dengan baik. Dengan bagitu maka semua kebutuhan nutrisi si kecil dalam tahap tumbuh kembangnya akan tercukupi dengan baik.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517