Cara Memandikan Bayi yang Wajib Bunda Pahami

Cara memandikan bayi merupakan salah satu hal yang harus bunda lakukan secara benar dan tepat. Hal ini selain bertujuan untuk membersihkan bagian badan si kecil, memandikan bayi juga harus bunda lakukan dengan cara yang teliti agar bunda tidak melukai si kecil ketika memandikannya, mengingat keadaan bayi yang masih sangat lemah.

Bukan hanya itu, cara memandikan bayi baru lahir juga merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam proses perawatan bayi. Nah, di bawah ini ada beberapa cara yang bisa bunda lakukan ketika bunda akan memandikan si kecil, yaitu sebagai berikut:

  1. Hal pertama dalam cara memandikan bayi yang benar yaitu bunda harus menyiapkan keperluan si kecil untuk mandi terlebih dahulu.
  2. Setelah itu isilah air hangat ke bak mandi, sebelumnya bunda harus memeriksa suhu air dan sesuaikan dengan kebutuhan si kecil.
  3. Bunda bisa mulai membuka baju si kecil, setelah itu bungkuslah dengan menggunakan handuk dan simpan di pangkuan bunda. Ketika itu, usap bagian mata si kecil dengan menggunakan kapas yang telah bunda basahi dengan air matang dingin, bersihkan terlebih dahulu bagian wajah juga mulut.
  4. Setelah itu, mulailah basahi bagian kepala, wajah, leher, dada, lengan, punggung serta tungkainya. Dan bunda harus memperhatikan daerah lipatan tubuh si kecil.
  5. Setelah bagian tubuh si kecil basah, bunda bisa langsung menyabuni bagian kepala juga badan si kecil. Pilihlah sabun yang memiliki PH balance yang formal agar tidak terasa pedih di mata si kecil.
  6. Bunda bisa mengeramasi rambut si kecil, dan peganglah kepala si kecil di atas bak mandi.
  7. Setelah si kecil dikeramasi, keringkanlah dan lepaskan handuk secara perlahan. Setelah itu, letakkan satu tangan di bagian bawah pundak si kecil, sementara tangan yang satunya bisa bunda letakkan di bagian pantat. Masukan bayi kedalam air secara perlahan.
  8. Setelah itu, topang bagian leher juga pundak si kecil, sabuni dengan bersih dan bilas. Setelah itu, pegang bagian pantat si kecil dan angkat. Bungkuslah menggunakan handuk yang cocok untuk si kecil, tepuk-tepuk secara perlahan agar kering.

Satu hal yang harus bunda ingat, ada beberapa hal yang harus bunda perhatikan dalam memandikan si kecil, terutama di beberapa bagian tertentu dimana kondisinya sangat sulit untuk di jangkau, bahkan jika mengingat kondisi kulit si kecil yang masih sensitive. Dan beberapa daerah spesifik tersebut yaitu:

Membersihkan seputar alat kelamin bayi

  • Pada bayi laki-laki

Bunda bisa membersihkan kotoran yang terdapat di bagian kulup si kecil secara perlahan, doronglah dengan cara lembut kulit penis ke pakaiannya. Dan bersihkan kotoran dengan menggunakan kasa basah.

  • Pada bayi perempuan

Bunda bisa membersihkan bagian kemaluan si kecil dari bagian depan ke belakang, sama halnya dengan bagian selangkangan si kecil.

Membersihkan bagian dalam telinga dan hidung

Bersihkan bagian lubang hidung si kecil yang terlihat dengan menggunakan kapas basah. Bahkan bunda juga bisa membersihkan bagian terluar telingan yang bunda lihat dengan menggunakan kapas basah juga.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517