Cara Melatih Anak Berjalan Dengan Aman

Cara melatih anak berjalan. Dimulai dari merangkak, duduk, melangkah sampai akhirnya berlari. Proses belajar berjalan si kecil merupakan satu momen yang sangat luar biasa, apalagi bagi Anda sebagai ibu baru.

Nah, untuk melatih anak berjalan, maka Anda bisa melakukan beberapa cara seru di bawah ini. Berikut beberapa cara melatih anak berjalan, yaitu sebagai berikut:

  1. Berdiri tegak

Ketika Anda akan melatih anak berjalan, sebaiknya Anda jauhkan terlebih dahulu alat belajar jalan bayi, dan bantu si kecil untuk berdiri, sehingga si kecil bisa berdiri dengan tegak dan menjejakkan kedua telapak kakinya dengan mantap tanpa adanya bantuan selama setengah menit saja. Jika si kecil terjatuh, maka Anda bisa merangsang kembali untuk memulai bangkit dan berdiri dengan sndiri. Jika tahapan ini berhasil di lewati, dan si kecil mulai mau mencoba untuk melangkah snediri, itu artinya si kecil siap untuk berjalan dengan cara berpegangan pada kedua tangan Anda.

  1. Pegang tangan

Anda bisa memberi kesempatan si kecil untuk berjalan dengan salah satu atau bahkan kedua tangannya sambil memegangi tangan Anda dalam jarak yang cukup dekat. Mungkin kegiatan ini akan sangat membuat Anda merasa lelah, namun setidaknya Anda harus menguatkan diri untuk melakukan hal ini.

  1. Naik-turun

Anda bisa memberi kesempatan si kecil untuk berlatih naik turun sendiri, namun dengan catatan masih ada dalam pengawasan Anda. Aktivitas ini juga bisa membantu si kecil memupuk rasa percaya dirinya. Anda harus memastikan kalau benda-benda yang memang di jadikan pegangan oleh si kecil untuk berdiri cukup kokoh serta tidak mudah untuk bergeser, serta tidak memiliki sudut yang tajam.

  1. Ambil mainan

Anda bisa meletakkan mainan yang di sukai si kecil dalam jarak tertentu, jangan simpan mainan tersebut dalam jarak yang terlalu jauh. Anda bisa mengiming-imingi si kecil dengan apapun, agar ia mau berjalan walaupun dengan berpegangan untuk meraih mainannya. Jika memang memungkinkan serta terlihat aman, maka Anda bisa membiarkan si kecil untuk berjalan di lantai yang memiliki bagian tidak rata. Cara ini akan mengutkan sejumlah otot kaki si kecil juga tungkai.

  1. Mendorong

Anda bisa memberikan mainan yang memang bisa di dorrong sebagai alat bantu si kecil dalam belajar berjalan. Bahkan anak berada di rentan usia ini memang sangat senang untuk mendorong benda. Namun ingat, jangan lupa untuk bunda mengamatinya, agar ia bisa merasa senang.

  1. Pindah barang

Anda bisa memberi si kecil mainan truk atau bahkan mainan grobak yang memang bisa di tarik dengan tali oleh si kecil. Ajak si kecil untuk memindah-mindahkan mainan dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

  1. Tanpa menggunakan alas kaki

Anda bisa membiarkan si kecil tanpa menggunakan alas kaki, misalkan seperti sepatu, sandal, atau bahkan kaus kaki ketika ia belajar berjalan. Bukan hanya bisa leluasa mencari keseimbangan, namun ketika si kecil belajar berjalan, ia juga membutuhkan indera peraba di bagian kakinya.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengajak si kecil belajar berjalan, Anda bisa melatih si kecil untuk belajar berjalan sambil bermain. Menyenangkan bukan?

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517