Cara Jitu Untuk Mengatasi Kaki Kram Saat Hamil

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan maka kondisi janin di dalam kandungan semakin berkembang dan kondisi perut ibu hamil membesar. Memasuki tahap akhir kehamilan biasanya ibu hamil dihadapkan dengan berbagai macam kendala yang membuatnya tidak nyaman. Salah satunya yaitu kram kaki akibat kondisi badan yang semakin berat. Kehamilan yang semakin membesar menyebabkan pembuluh balik yang berada di pangkal panggul akan tertekan sehingga menghambat sirkulasi darah yang menuju ke kaki.

Kaki kram saat hamil merupakan hal yang wajar dan umum terjadi pada ibu hamil. Namun kondisi tersebut tidak boleh dibiarkan begitu saja karena bisa mengganggu aktivitas dan kenyamanan ibu hamil. Kram kaki saat hamil biasanya muncul secara tiba-tiba sehingga Anda harus berhati-hati dan sigap dalam melakukan penanganan. Kram kaki yang muncul pada malam hari tentunya akan mengganggu waktu istirahat Anda pada waktu hamil. Oleh karena itu diperlukan pengetahuan untuk mengatasi kondisi tersebut.

Berikut Cara Mengatasi Kaki Kram Saat Hamil

Kram kaki saat hamil bisa juga diakibatkan oleh ketidakseimbangan kadar mineral di dalam darah seperti magnesium, potassium dan kalsium. Disamping itu biasanya kadar posfor terlalu tinggi. Kondisi tersebut akan mengakibatkan gangguan pada sistem saraf otot tubuh yang mengakibatkan kram kaki. Berikut beberapa cara mengatasi kaki kram saat hamil.

  • Langkah pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan meluruskan bagian kaki dan tumit secara perlahan. Selain itu Anda juga bisa menekuk bagian tumit dan jari-jari kaki.
  • Pijat bagian kaki yang kram dengan pijatan yang lembut dan benar.
  • Jika Anda mengalami kram kaki dalam posisi tidur sebaiknya gerakan jari kaki ke bagian atas dan cobalah posisikan tubuh Anda dengan benar. Jangan langsung bangu dari tempat tidur, usahakan untuk membuat tubuh Anda rileks terlebih dahulu.

Selain melakukan penanganan, ada beberapa cara untuk mencegah kram kaki saat hamil yang bisa Anda lakukan. Berikut ini cara sederhana untuk mencegah kram kaki saat hamil.

  • Menerapakan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Pada waktu hamil sangat dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan mineral dan kalsium. Sumber makanan yang bisa Anda konsumsi yaitu sayuran hijau dan produk susu seperti yoghurt, keju dan susu murni.
  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi air putih minimal dua liter setiap hari. Air putih sangat bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan cairan selama hamil sehingga mencegah dehidrasi dan melancarkan sirkulasi darah. Jika aliran darah lancar maka akan terhindar dari kram kaki.
  • Ibu hamil tidak dianjurkan untuk berdiri terlalu lama karena beban tubuh yang berat akan memicu kram kaki.
  • Jangan menggunakan sepatu atau sandal dengan hak tinggi karena akan memberikan tekanan pada kaki yang akan menghambat aliran darah. Kondisi ini sangat beresiko menyebabkan kram kaki.
  • Lakukan peregangan dan olehraga ringan khusus ibu hamil untuk menjaga sirkulasi darah tetap lancar. Anda bisa melakukan olahraga ringan di rumah ataupun dengan mengikuti kelas olahraga khusus ibu hamil.

Related Posts

Share This