Cara Jitu Mengatasi Anak Susah Makan

Mengatasi anak susah makan merupakan satu masalah yang kerap di alami oleh sebagian besar orang tua, terutama bagi para bunda. Berbagai cara mungkin telah di lakukan oleh para bunda untuk mengatasi anak susah makan, namun tidak jarang cara yang dilakukan itu tidaklah berhasil. Bahkan banyak pula diantaranya bunda yang merasa stress dan tertekan untuk menghadapi buah hatinya yang susah makan. Belum lagi perasaan khawatir yang bunda rasakan terkait asupan gizi buah hatinya.

Faktor utama yang menyebabkan anak susah makan itu dikarenakan adanya faktor fisik juga faktor psikis. Faktor fisik ini meliputi gangguan yang ada di bagian organ pencernaan atau terjadinya infeksi yang ada di dalam tubuh si kecil. Sedangkan untuk faktor psikis merupakan gangguan yang terjadi pada psikologis anak, seperti kondisi rumah tangga yang kurang baik, suasana makan yang tidak menyenangkan si kecil, ataupun pemaksaan makan terhadap anak.

mengatasi anak susah makan

Lantas, bagaimana solusi anak susah makan? Guna mengatasi anak susah makan, mungkin ada beberapa catatan penting yang harus bunda perhatikan yang mungkin saja terlewatkan ketika bunda memberi si kecil makan. Dan berikut ini ada beberapa cara dalam mengatasi anak susah makan, yaitu sebagai berikut:

  1. Coba sajikan makanan dalam porsi kecil

Satu hal yang harus bunda ingat, bahwa saat ini lambung si kecil masih belum mampu menampung makanan dalam jumlah yang banyak, oleh karena itu bunda bisa memberikan makan kepada si kecil dalam jumlah atau porsi yang sedikit demi sedikit.

  1. Variasi makanan

Bunda bisa mencoba untuk memberikan beberapa jenis makanan, setelah itu biarkan si kecil untuk memilih jenis makanan mana yang paling ia sukai. Karena biasanya anak akan jauh lebih suka dengan makanan yang ia pilih.

  1. Sajikan dengan menarik

Setelah bunda menyajikan berbagai jenis makanan untuk di pilih si kecil, namun si kecil masih belum mau memilih, maka bunda bisa menyajikannya dengan tampilan yang lebih menarik. Misalkan bunda bisa mencetak nasi goreng dalam cetakan bebek kecil atau bahkan teddy bear.

  1. Jadikan saat makan menyenangkan

Ketika si kecil enggan untuk makan, maka bunda harus menghindari untuk mengecam, menghukum atau bahkan menakut-nakuti si kecil agar ia makan lebih banyak. Namun cara ini bukannya membuat si kecil makan, malah akan membuat si kecil merasa kalau makan merupakan saat-saat yang tidak menyenangkan. Maka dari itu, bunda harus suasana makan yang menyenangkan untuk si kecil.

  1. Makan teratur

Bunda bisa menjadwalkan waktu makan dengan teratur, hal ini bunda lakukan agar si kecil sudah mulai terbiasa dengan waktu makannya. Sama halnya dengan waktu tidur si kecil, mandi juga beberapa hal lainnya.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa bunda lakukan guna mengatasi anak susah makan. Satu hal yang harus bunda ingat, memberi makan si kecil yang susah makan merupakan satu hal yang bisa membuat bunda merasa stress, namun ketika itu jangan sampai bunda memarahi si kecil, melainkan bunda harus tetap sabar untuk membujuk si kecil agar ia mau makan.

Related Posts

Share This