Cara Cerdas Atasi Sakit Gusi Akibat Tumbuh Gigi Pada Bayi

Tumbuh gigi pada bayi merupakan satu hal terjadi di usia yang berbeda-beda setiap anaknya, namun umumnya tumbuh gigi pada bayi akan mulai muncul di usia kisaran 6 bulan. Dan biasanya yang pertama kali tumbuh yaitu kedua gigi depan yang berada di bagian bawah, setelah itu akan di ikuti oleh dua gigi depan bagian atas.

Banyak diantaranya bayi yang mulai tumbuh gigi akan menunjukkan beberapa pertana, salah satunya yaitu seringnya mengeluarkan air liur, memiliki kesenangan mengunyah atau bahkan menggigit benda-benda yang keras, bahkan munculnya sensasi sakit juga gatal pada bagian gusi si kecil ketika gigi tumbuh pada bayi.

Selain beberapa hal di atas, ada juga beberapa kondisi yang sering muncul seiring dengan bayi tumbuh gigi, diantaranya yaitu mudahnya menangis, porsi tidur yang kurang, serta adanya penurunan selera makan si kecil terutama untuk masalah makanan padat. Lantas, ap ayang harus bunda lakukan jika si kecil mengalami beberapa gejala di atas? Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa bunda lakukan guna mengatasi sakit gusi yang di alami si kecil ketika tumbuh gigi pada bayi, yaitu sebagai berikut:

  1. Bunda bisa menggosok bagian gusi si kecil dengan lembut dengan menggunakan jari yang bersih, atau bahkan bunda juga bisa menggunakan kain kasa yang sudah steril. Ingat, bunda jangan pernah menggunakan tisu untuk menggosok gusi si kecil, karena keadaan tisu yang mudah hancur serta berersiko termakan oleh si kecil. Tekanan yang diberikan oleh jari bunda bisa meredakan rasa gatal atau bahkan rasa tidak nyaman pada gusi si kecil karena tumbuhnya gigi.
  2. Bunda bisa memberikan sedikit makanan dengan tekstur keras. Hal ini patut bunda lakukan jika si kecil sudah mulai mendapatkan makanan pendamping ASI, bunda bisa memberikan makanan dengan tekstur keras seperti mentimun, atau bahkan wortel mentah yang sudah bunda bersihkan.
  3. Bunda bisa memberikan teether atau kain kasa dingin pada gusi si kecil, karena hal ini bisa meredakan rasa sakit pada si kecil.
  4. salah satu pertanda tumbuhnya gigi pada bayi yaitu si kecil yang sering mengeluarkan air liur, bunda bisa mengelap air liur si kecil yang keluar dengan menggunakan kain yang lembut. Karena iritasi terhadap kulit atau bahkan ruam yang terjadi di sekitar mulut seperti pipi juga dagu bisa saja terjadi ketika adanya kontak langsung dengan air liur yang di biarkan dalam waktu yang cukup lama.
  5. Jika si kecil menjadi sangat rewel bahkan ia menolak untuk diberikan ASI atau bahkan makanan pendamping ASI yang di akibatkan oleh sakit gusi, maka bunda bisa segera mengkonsultasikannya kepada dokter. Dalam kondisi ini, dokter biasanya akan memberikan resep obat yang memang bisa meredakan rasa sakit gusi pada si kecil. Bunda juga diharapkan untuk menghindari pemberian obat tanpa adanya resep atau saran dari dokter guna menghindari efek samping negative dari obat yang diberikan tersebut.

Related Posts

Share This