Cara Cepat Menaikkan Berat Badan Bayi

Setiap bayi terlahir dengan berat badan yang berbeda-beda. Secara umum, berat badan rata-rata bayi yang beru lahir yaitu sekitar 2500 – 4500 gram. Banyak faktor yang mempengaruhi berat badan bayi, diantaranya yaitu faktor genetik, asupan nutrisi dan kesehatan ibu hamil. Anda tidak perlu khawatir ketika berat badan si kecil rendah saat lahir. Banyak upaya yang bisa dilakukan dalam menaikan berat bdan bayi setelah lahir.

Seiring dengan bertambahnya usia si kecil maka bobot tubuhnya akan ikut bertambah. Nah, memasuki usia 4 bulan berat badan si kecil akan bertambah dua kali lipat dari berat pada awal dilahirkan. Cara menaikkan berat badan bayi sebenarnya bukan perkara yang sulit. Yang terpenting adalah memperhatikan asupan nutrisi dan senantiasa menjaga kesehatan si kecil.

Berat badan yang bertambah seiring dengan meningkatnya usia bayi merupakan indikasi/tanda bahwa si kecil tumbuh dan berkembang dengan normal. Namun kendati demikian, beberapa hal lain yang perlu diperhatikan diantaranya yaitu ukuran lingkar kepala, panjang atau tinggi bayi.

Berat badan bayi di bawah normal atau kurus disebabkan oleh banyak hal. Berikut beberapa faktor yang menyebabkan berat badan si kecil termasuk kategori kurus:

  1. Asupan nutrisi yang tidak seimbang menjadi salah satu faktor penyebab berat badan bayi di bawah normal. Dalam hal ini penting sekali bagi Anda untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang. Dengan begitu ASI yang dihasilkan lebih berkualitas sehingga berdampak positif terhadap berat badan si kecil.
  2. Ketika memasuki usia 6 bulan, bayi akan mengalami penurunan berat badan. Hal ini dipicu oleh tinggi badan yang bertanbah dan pergerakan bayi semakin aktif. Anda tidak perlu khawatir karena kondisi tersebut bersifat normal.
  3. Penyebab bayi kurus yang selanjutnya yaitu mangalami gangguan kesehatan. Dalam hal Anda harus secepatnya melakukan tindakan sehingga tumbuh kembang si kecil tidak akan terganggu.

Tips Menaikkan Berat Badan Bayi

Ada beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan untuk menaikkan berat badan si kesil, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • ASI berkualitas

Jika bayi Anda masih berusia dibawah 6 bulan, maka salah satu cara paling efektif untuk menaikkan berat badan yaitu dengan cara memberikan ASI berkualitas secara ekslusif. Untuk menghasilkan ASI yang berkualitas maka Anda harus memperhatikan asupan makanan yang bergizi. Selain itu, Anda juga harus menghindari segala aktivitas yang bisa memicu stres karena bisa berdampak terhadap kualitas dan kuantitas ASI.

  • MPASI terjadwal

Memasuki usia 6 bulan, si kecil sudah disarankan untuk mendapatkan MPASI. Nah, dalam mengoptimalkan berat badannya, Anda harus menjadwalkan pemberian MPASI yaitu 2 – 3 kali sehari> Porsi makan si kecil harus disesuaikan dengan tahap perkembangan usianya. Selain itu, Anda harus memberikan asupan MPASI dengan kualitas gizi yang baik.

  • Perhatikan komposisi MPASI

Dalam memberikan MPASI, perhatikan beberapa komponen penting kelengkapan nutrisi yang dibutuhkan dalam tahap perkembangan si kecil. Makanan yang Anda sajikan harus mengandung nutrisi lengkap seperti vitamin, protein, karbohidrat, lemak dan mineral.

Demikian cara cepat untuk menaikkan berat badan bayi. Yang terpenting dalam hal ini yaitu Anda harus memperhatikan asupan nutrisi dan berikan waktu istirahat yang cukup untuk si kecil. Dengan demikian akan membantu menjaga berat badan ideal.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517