Cara Cepat Bedong Bayi Tanpa Harus Membelenggu Badannya

Di zaman modern ini, banyak diantaranya para ibu baru yang bertanya, apakah bedong bayi bisa di lakukan pada bayi yang baru lahir? Jawabannya boleh. Namun dengan catatan, Anda harus memahami cara yang tepat dalam membedong bayi, sehingga si kecil bisa merasakan hangat juga nyaman.

Jika pada waktu sebelumnya banyak kalangan yang melarang bedong bayi, namun persoalan ini akhirnya bisa terpatahkan oleh seseorang yang telah melakukan pengamatan Raleigh, seorang konsultan tidur bayi yang berasal dari North Carolina, Amerika Serikat.

Raleigh mengungkapkan, bahwa dengan membedong bayi terbukti mampu membuat si kecil merasa lebih nyaman, sehingga si kecil tidak mudah rewel, namun dengan catatan Anda harus menggunakan kain bedong bayi yang sesuai.

Bedong bayi juga bisa mencegah bayi yang baru lahir tidur menelengkup yang nantinya bisa membahayakan kesehatan si kecil. Bahkan bisa membuat si kecil merasa hangat dan aman, karena mereka merasa kalau mereka tengah berada di dalam kandungan, sementara dunia ini masih begitu asing bagi mereka.

Bukan hanya Releigh, Dr Harvey Karp, seorang ahli dalam masalah bayi tidur juga American Academy of Pediatrics menganjurkan agar para ibu bisa membedong si kecil, apalagi bayi yang baru lahir.

Jika membedong bayi di anggap berbahaya dan bisa memberikan efek yang buruk terhadap perkembangan si kecil, mungkin saja sudah ada ribuan bahkan jutaan orangtua yang melaporkan bahaya membedong bayi, namun nyatanya tidak, bukan?

Dengan membedong bayi, maka si kecil bisa terhindar dari SIDS (sudden infant death syndrome) atau bahkan terjadinya kematian secara mendadak ketika si kecil tertidur, dikarenakan si kecil tetap berada pada posisi yang terlentang.

Nah itulah alasan mengapa para ibu baru di anjurkan untuk membedong bayi ketika si kecil baru lahir sampai ia benar-benar bisa berguling dengan sendirinya. Namun alangkah lebih baik lagi jika si kecil tidak terus-menerus di bedong, sesekali Anda bisa melepaskan bedong bayi.

Anda sebagai orangtua penting untuk memberikan kebebasan bergerak untuk si kecil, misalkan ketika si kecil tengah bermain.

Berikut ini ada beberapa cara bedong bayi yang aman dan bisa membuat si kecil merasa nyaman, yaitu sebagai berikut:

  1. Anda bisa merentangkan selimbut bayi, setelah itu lipat 1/6 pada bagian atasnya.
  2. Letakkan si kecil di atas selimbut, setelah itu masukkan tangan kanan juga tangan kiri si kecil ke dalam lipatan tersebut.
  3. Bungkus si kecil dengan cara melipat tangan kiri atau tangan kanan secara bersamaan dengan selimbut kea rah perutnya.
  4. Setelah itu, lipatlah bagian bawah selimbut si kecil kea rah belekang agar bagian kaki si kecil bisa tertutup dengan rapat.
  5. Nah, satu hal yang wajib Anda perhatikan ketika membedong bayi, yaitu Anda dianjurkan untuk menggunakan selimbut bayi yang lembut juga nyaman, bedong bayi jangan terlalu kencang, dan jangan menutupi mulut atau bahkan hidung, karena bisa membuat keadaan bayi sulit untuk bernafas.

Related Posts

Share This