Cara Berhemat Membeli Kebutuhan Bayi Baru Lahir

Satu hal yang memang dirasa paling menyenangkan ketika tengah hamil yaitu ketika Anda hendak berbelanja kebutuhan bayi baru lahir. Dan ketika Anda tengah melihat-lihat kebutuhan bayi baru lahir, semuanya nampak lucu dan menarik, sehingga Anda ingin sekali untuk memborong itu semua, apalagi ketika Anda tengah mengandung anak pertama.

Banyak sekali diantaranya ibu hamil yang ‘lapar mata’ ketika mereka tengah berbelanja perlengkapan untuk calon buah hatinya. Dan jika budget tidak terbatas, pastinya hal tersebut tidak akan menjadi masalah yang besar. Namun, bagaimana jika budget yang kita miliki terbatas, pastinya kita harus banyak pertimbangan ketika hendak membeli perlengkapan bayi baru lahir.

Di bawah ini ada beberapa panduan juga tips berhemat ketika Anda hendak membeli kebutuhan bayi baru lahir, yaitu sebagai berikut:

1. Membuat daftar belanjaan

Sebelum Anda membeli perlengkapan bayi, sebaiknya Anda membuat daftar belanjaan apa saja yang pastinya akan Anda butuhkan untuk memenuhi perlengkapan atau kebutuhan bayi baru lahir. Anda bisa membuatnya secara terperinci, dimulai dari kebutuhan pakaian, kebutuhan menyusui, perlengkapan mandi, dan lain sebagainya yang memang sangat Anda butuhkan.

2. Menghitung jumlah yang dibutuhkan

Anda bisa menentukan berapa kali Anda mencuci pakaian si kecil dalam satu minggu, sehingga jumlah pakaian yang dibutuhkan si kecil bisa diperhitungkan. Dan sebaiknya untuk pakaian si kecil, Anda tidak dianjurkan untuk membeli dalam jumlah yang banyak, karena umumnya bayi masih memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang cepat. Maka dari itu, beli pakaian bayi baru lahir dalam jumlah yang secukupnya.

3. Membeli pakaian bayi dengan ukuran 1 nomor lebih besar

Umumnya keadaan bayi baru lahir masih cepat sekali berkembang. Dan terkadang pakaian yang Anda beli dengan ukuran yang pas hanya muat hingga 1 minggu saja, maka dari itu, Anda bisa membeli pakaian dengan ukuran yang dilebihi 1 ukuran lebih besar.

4. Membeli diaper dengan cermat

Jika Anda hendak membeli diaper, maka belilah dengan ukuran newborn serta nomor 1, dikarenakan mungkin saja bayi Anda lahirkan dengan ukuran yang besar, dan tidak lagi menggunakan ukuran newborn dalam waktu lama.

5. Membeli dalam jumlah atau kemasan besar

Membeli dalam jumlah yang besar atau bahkan banyak pastinya jauh lebih murah jika di bandingkan dengan Anda membeli secara eceran. Dan barang-barang yang bisa Anda beli dalam jumlah yang banyak yaitu seperti baby wipes, diaper, sabun, shampo, sarung tangan, kaos kaki dan lain sebagainya.

6. Berburu barang diskon

Ketika Anda melihat ada barang-barang atau perlengkapan bayi yang tengah diskon, maka Anda bisa memanfaatkan hal ini agar Anda bisa lebih berhemat.

7. Meminjam dari orang lain

Ada beberapa perlengkapan yang mungkin saja bisa Anda pinjam dari saudara atau teman dekat Anda, sehingga bisa lebih menghemat biaya pengeluaran. Misalkan seperti ranjang bayi, kereta dorong, alat penghangat botol, atau beberapa perlengkapan lainnya yang jelas tidak akan Anda gunakan dalam waktu lama.

Related Posts

Share This