Cara Ampun Mengatasi Varises Pada Ibu Hamil

Ketika keadaan perut semakin membesar di masa kehmilan, biasanya ibu hamil akan mengalami yang namanya varises pada ibu hamil, yaitu adanya bayangan urat yang kebiruan yang ada di bagian bawah kulit.

Varises adalah adanya proses pelebaran terhadap pembuluh balik. Keadaan garis berwarna biru yang memang di sebut dengan varises ini akan muncul karean adanya perubahan metabolisme pada ibu hamil, yakni adanya perubahan kadar hormon progesterone yang ada di dalam tubuh. Bukan hanya itu, varises pada ibu hamil juga bisa disebabkan oleh terbendungnya aliran darah terhadap pembuluh vena, karena adanya penekanan pembuluh vena di bagian perut yang diakibatkan oleh adanya ukuran rahim yang semakin membesar.

Varises yang terjadi terhadap ibu hamil bisa di atasi dengan beberapa tindakan pencegahan ataupun mengurangi gejala munculnya varises ini. Dan berikut ini ada beberapa cara menghilangkan varises yang kerap kali di alami oleh ibu hamil, yaitu sebagai berikut:

  1. Perhatikan posisi tubuh dalam aktivitas sehari-hari

Ketika menjalankan kehamilan, Anda harus menghindari duduk atau bahkan berdiri dalam waktu yang cukup lama. Jika Anda harus duduk dalam waktu yang lama, maka Anda harus mengusahakan agar keadaan kakai lebih tinggi daripada panggul.

  1. Hindari mengangkat barang berat

Dengan mengangkat barang-barang yang berat, bisa membuat tekanan terhadap pembuluh darah vena semakin parah. Ketika Anda diharuskan untuk mengangkat barang, maka sebaiknya pertama-tama Anda bisa menyeimbangkan tubuh dengan cara meregangkan kakai serta berdirilah dengan tegak. Setelah itu, turunkan tubuh Anda dengan cara menekuk bagian lutut, jangan pernah Anda membungkuk dengan menitikberatkan beban terhadap pinggang Anda. Anda bisa mengkat barang dengan menggunakan kekuatan tangan juga kaki, bukan dengan kekuatan punggung Anda.

  1. Hindari kenaikan berat badan berlebihan

Anda harus menjaga berat badan Anda selama kehamilan, karena dengan Anda menjaga berat badan Anda sertpa mengupayakannya agar berat badan tidak mengalami kenaikan yang berlebih, maka beban di bagian kaki bisa berkurang. Dan hal ini nantinya akan mengurangi atau bahkan mencegah terjadinya variases vena terhadap kaki.

  1. Hindari pakaian ketat atau menggunakan korset

Menggunakan pakaian yang terlalu ketat atau bahkan penggunaan korset bisa mengganggu aliran darah. Dan kondisi ini bisa menjadi pemicu munculnya varises vena. Oleh karena itu, sebaiknya Anda bisa menghindari penggunaan baju yang terlalu ketat.

  1. Lakukan olahraga teratur

Anda bisa melakukan olahraga guna mengatasi varises pada ibu hamil. Olahraga yang ringan misalkan seperti jalan kaki atau berenang mampu menjadikan pembuluh darah vena berfungsi dengan sangat baik dalam memompa darah ke jantung.

  1. Lakukan relaksasi sederhana untuk kaki

Anda bisa menggunakan cara ini guna mengatasi varises pada kaki. Caranya cukup gampang, yaitu Anda cukup duduk di kursi, angkat bagian kaki dan putar-putarlah pergelangan kaki Anda secara perlahan serta teratur agar pembuluh darah vena di bagian pergelangan kaki bisa aktif memompa darah ke arah jantung.

  1. Gunakan stocking khusus betis

Anda bisa memanfaatkan kaus kaki yang mendukung guna membantu menyangga bagian betis Anda agar pembuluh darah vena bisa memaksimalkan pekerjaannya dalam memompa darah ke jantung, sehingga tidak akan terjadi sumbatan. Anda bisa menggunakan kaus kaki atau stoking ini ketika turun dari tempat tidur dan bukalah ketika akan tidur.

Related Posts

Share This