Cara Ampun Mengatasi Infeksi Saluran Kemih Pada Ibu Hamil

Infeksi saluran kemih atau ISK kerap kali di alami oleh ibu hamil. Gangguan kehamilan ini memang sangat umum di alami oleh sebagian besar ibu hamil, di mulai ketika usia kandungan 6-24 minggu. Gangguan infeksi saluran kemih ini terjadi karena keadaan rahim yang memang terletak tepat di atas kandung kemih semakin hari semakin membesar, dan menekan kandung kemih, sehingga akan menghambat aliran urine yang pastinya bisa menyebabkan infeksi.

Bukan hanya itu, kebiasaan dalam menahan berkemih juga menjadi pemicu utama terjadinya infeksi saluran kemih pada ibu hamil, hal ini dikarenakan banyaknya bakteri yang memang terkumpul di bagian dalam kandung kemih. Infeksi ini juga bisa terjadi pada beberapa bagian organ yang memang masih berkaitan dengan saluran kemih, diantaranya yaitu ginjal, uretur, serta uritra.

Penyakit infeksi saluran kemih pada ibu hamil biasanya di tandai dengan beberapa gejala, yaitu seperti:

  1. Merasa sakit atau panas saat buang air kecil
  2. Buang air kecil tidak lancar, urine keluar hanya sedikit
  3. Frekuensi berkemih meningkat
  4. Urine berwarna pekat, kuning kecokelatan
  5. Urine berbau busuk tidak sedap
  6. Terdapat darah atau lendir dalam urine
  7. Perut bagian bawah terasa sakit
  8. Tubuh menggigil, demam, berkeringat

Infeksi saluran kemih yang terjadi pada ibu hamil akan sangat memberikan dampak buruk bagi janin yang ada di dalam kandungan, yakni bisa menyebabkan keadaan janin yang lahir secara premature dengan berat badan yang kurang dari berat normal. Oleh karena itu, sebaiknya gangguan penyakit ini segera di atasi dengan cara yang baik.

Berikut ada beberapa cara dalam mengatasi infeksi saluran kemih yang terjadi pada ibu hamil, yaitu sebagai berikut:

  1. Perbanyak minum

Anda harus memastikan kalau asupan cairan dalam tubuh Anda tidak kurang dengan mengusahakan minum sebanyak 8-10 gelas setiap harinya. Bukan hanya untuk mencegah terjadinya dehidrasi, namun banyaknya asupan cairan mampu mempercepat penyembuhan infeksi saluran kemih pada ibu hamil.

  1. Penuhi asupan gizi

Anda juga harus memperhatikan asupan gizi yang baik dan cukup. Karena dengan asupan gisi yang baik maka bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda selama menjalankan masa kehamilan, terutama dalam melawan terjadinya infeksi.

  1. Jangan tahan buang air kecil

Segeralah berkemih ketika tubuh Anda mengingkan hal itu terjadi. Anda juga harus memastikan kalau Anda berkemih sampai benar-benar tuntas. Bukan hanya itu, Anda juga harus membiasakan diri untuk berkemih sebelum dan sesudah melakukan hubungan suami istri, hal ini bertujuan untuk membuang bakteri yang memang berpindah selama Anda berhubungan intim.

  1. Jaga kebersihan saluran kemih

Setelah Anda berkemih, maka segeralah Anda untuk membersihkan area saluran kemih Anda sampai benar-benar kering dari bagian arah depan sampai belakang. Hal ini patut Anda lakukan guna mencegah terjadinya penyebaran kuman yang berasal dari anus ke vagina atau bahkan uretra.

Related Posts

Share This