Cara Ampuh Untuk Meredakan Batuk Pada Anak

Batuk pada anak mungkin terlihat sebagai hal yang wajar, namun kondisi tersebut tidak boleh disepelekan karena bisa berdampak buruk terhadap kesehatan si kecil. Batuk akan mengganggu kenyamanan si kecil sehingga berpengaruh terhadap nafsu makan, mengganggu kenyamanan waktu tidur dan aktivitas yang lainnya.

Terkadang batuk pada anak seringkali disertai dengan demam atau pilek. Bahkan pada sebagian kasus, batuk pada anak disertai dengan dahak. Meredakan batuk pada anak menjadi salah satu hal yang perlu Anda lakukan guna mencegah kondisi yang lebih buruk sehingga berdampak terhadap tumbuh kembangnya.

Mengatasi batuk pada anak sebaiknya mtidak menggunakan obat-obatan yang mengandung bahan kimia. Hal ini karena bisa berdampak terhadap daya tahan tubuh si kecil. Alangkah lebih baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk memberikan obat-obatan. Nah, pada kesempatan ini penulis akan berbagi informasi mengenai cara meredakan batu pada anak dengan menggunakan metode yang bersifat alamiah.

Berikut Tips dan Ramuan Herbal Untuk Mengatasi Batuk Pada Anak

Penanganan batuk pada anak menggunakan ramuan alami dinilai lebih efektif dan memiliki resiko yang lebih kecil bila dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan kimia. Nah, berikut ini beberapa ramuan herbal untuk obat batuk anak:

  • Jeruk nipis campur madu

Salah satu ramuan untuk meredakan batuk pada anak yaitu dengan menggunakan jeruk nipis yang dicampur dengan madu. Ramuan herbal yang satu ini terbukti ampuh untuk menghilangkan gatal pada tenggorokan dan menstimulasi kelurnya air liur sehingga meredakan batuk. Sajikan ramuan herbal ini dengan menggunakan seduhan air hangat dan berikan secara teratru untuk mendapatkan hasil yang optimal.

  • Kunyit

Kunyit bisa dijadikan sebagai ramuan alami untuk mengatasi batuk pada bayi. Untuk membuat ramuan lini caranya yaitu dengan menghaluskan kunyit kemudian diambil air perasannya. Tambahkan air perasan tersebut ke dalam susu yang biasa di minum si kecil supaya rasanya tidak terlalu sepet. Kunyit memiliki sifat anti imflamasi dan meningkatkan sistem imun si kecil.

  • Bawang putih

Bawang putih bisa Anda gunakan untuk meredakan batuk pada anak. Caranya sangat sederhana sekali yaitu dengan mengeringkan bawang putih/dipanggang. Nah, kemudian taruh bawang putih tersebut ke dalam kantung kain dan taruh di dekat tempat tidur si kecil atau usapkan kantung tersebut pada bagian dada si kecil.

  • Minyak tradisional

Minyak tradisional seperti minyak kayu putih, rosemary dan peppermint bisa dijadikan sebagai ramuan alami untuk meredakan batuk pada anak. Olekan minyak tersebut pada bagian dada si kecil secukupnya dan jangn terlalu banyak karena bisa menyebabkan si kecil kepanasan. Minyak tradisional sangat ampuh untuk membantu meredakan batuk pada anak karena memberikan rasa hangat dari luar.

Demikian beberapa ramuan tradisional untuk mengatasi batuk pada anak. Jika gejala batuk tidak kunjung hilang, sebaiknya Anda segera memeriksakan kondisi kesehatan si kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517