Cara Ampuh Untuk Menangani Hidung Bayi Tersumbat

Flu dan pilek tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, namun si kecil yang baru lahir juga bisa terkena gangguan kesehatan tersebut. Pilek biasanya mengakibatkan hidung bayi tersumbat oleh ingus sehingga kesulitan dalam bernapas. Kondisi tersebut tentunya membuat si kecil merasa tidak nyaman dan cenderung rewel.

Hidung tersumbat menyebabkan si kecil susah tidur sehingga hal ini sangat berbahaya untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Meskipun pilek bukan merupakan penyakit yang berbahaya, namun sebaiknya Anda segera memberikan penanganan supaya tidak mengganggu kenyamanan dan tumbuh kembang si kecil.

Untuk mengatasi hidung bayi tersumbat, ada beberapa cara umum yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Lebih jelasnya, simak beberapa tips dan penjelasan berikut ini.

  • Mengatur posisi tidur bayi

Hidung tersumbat cenderung akan membuat si kecil merasa tidak nyaman pada waktu tidur. Dalam mengatasi hal tersebut, Anda harus mengatur posisi tidur yang nyaman untuk si kecil. Posisi tidur yang benar akan membantu melegakkan sistem pernafasan yang tersumbat. Dengan begitu, perlahan-lahan lendir yang menyumbat hidung si kecil akan berkurang. Usahakan supaya posisi kepala bayi lebih tinggi daripada kaki. Selain itu, jika salah satu lubang hidung yang tersumbat, Anda bisa mengatur posisi tidur si kecil dengan cara memiringkannya ke salah satu sisi yang tidak mampet.

  • Teknik penguapan secara alami

Cara selanjutnya untuk menangani hidung bayi yang tersumbat yaitu dengan cara penguapan secara alami atau inhalasi. Caranya yaitu dengan menggunakan air hangat yang ditaruh di dalam wadah kemudian tetesi dengan minyak kayu putih atau minyak telon. Kemudian letakkan wadah tersebut di dekat bayi supaya udaranya terhirup. Selain itu, Anda juga bisa membantu bayi supaya berada pada posisi telungkup di dekat wadah tersebut sehingga lebih mudah untuk menghirup uap dari air hangat tersebut.

  • Memijat hidung bayi

Untuk meredakan hidung tersumbat, Anda bisa melakukan pijatan lembut pada area hidung dan sekitar alis si kecil. Oleskan sedikit minyak telon sambil memijat supaya lendir pada hidung si kecil bisa keluar. Namun Anda harus berhati-hati, jangan sampai minyak telon tersebut mengenai mata si kecil.

  • Hangatkan badan bayi

Saat si kecil sedang pilek sebaiknya Anda menghindari suhu ruangan yang dingin. HIndari penggunaan AC dan kipas angin karena bisa memperparah kondisi si kecil. Anda harus menciptakan suasana yang nyaman untuk si kecil. Cobalah untuk menghangatkan tubuh si kecil dengan cara memandikan menggunakan air hangat. Dengan begitu diharapkan bisa membantu melegakkan sistem pernapasan yang tersumbat. Selain itu, gunakan pakaian hangat dan oleskan sedikit minyak telon sebelum si kecil tidur.

Itulah beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan dalam menangani hidung tersumbat pada bayi. Jika kondisi si kecil tidak kunjung membaik, segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan secara medis.

Related Posts

Share This