Cara Ampuh Meredakan Batuk Berdahak Pada Anak

Batuk berdahak pada anak. Batuk akan terjadi ketika adanya reflex fsiologis seorang anak yang memang dikarenakan adanya suatu benda yang tengah mengganggu saluran pernapasan. Gangguan ini bisa berupa debu, asap atau bahkan bahan lainnya yang memang memiliki sifat tidak bersahabat dengan sistem saluran pernapasan si kecil.

Ketika si kecil menghirup udara yang tengah tercemar, entah dikarenakan oleh debu atau bahkan asap, maka batuk adalah sebuah mekanisme pertahanan yang kerap di lakukan oleh tubuh guna membersihkan saluran pernapasan tersebut serta merupakan proses pengeluaran benda asing yang masuk kedalam sistem saluran pernapasan.

Batuk sendiri bisa di bedakan menjadi 3, diantaranya yaitu batuk berdahak yang dikarenakan oleh adanya dahak atau bahkan lendir pada tenggorokan si kecil, batuk kering yang memang cenderung tidak adanya dahak pada tenggorokan namun mengakibatkan rasa gatal di tenggorokan, serta batuk yang di sertai dengan flu yang mana akan terjadi ketika batuk disertai dengan hidung yang tersumbat, demam, pilek juga bersin-bersin.

Selain itu, batuk juga bisa terjadi karena beberapa sebab, diantaranya yaitu karena adanya peradangan di sekitar tenggorokan, Karena infeksi terhadap saluran pernapasan atas, dikarenakan adanya udara yang kotor, karena asam lambung, serta banyaknya lendir yang memang mengganggu saluran pernapasa.

Nah, jika si kecil mengalami batuk berdahak, maka langkah pertama yang bisa Anda lakukan yaitu menjauhi penyebab dari batuk itu sendiri, misalkan speerti menghindari lingkungan yang berpolusi, asap rokok, debu hingga asap kendaraan.

Anda juga di anjurkan untuk menggunakan masker pada si kecil ketika mereka mengalami batuk berdahak, agar batuk yang di alami si kecil tidak semakin parah. Langkah ini merupakan salah satu langkah preventif pertama yang memang penting untuk Anda lakukan.

Setelah itu, Anda juga bisa memanfaatkan air putih untuk mengurangi dahak di tenggorokan si kecil, usahakan air yang Anda gunakan merupakan air hangat, agar mudah di cerna oleh si kecil. Jika ternyata si kecil muntah, maka Anda bisa memberikannya jeda ketika memberikan ia minum, Anda juga bisa membiarkan si kecil untuk mengeluarkan dahak beserta muntahan air tadi.

Jika Anda ingin menyembuhkan batuk berdahak pada si kecil secara alami, maka Anda juga bisa menggunakan bawang merah yang sebelumnya telah Anda belah dan setelah itu gosokkan di bagian leher si kecil secara perlahan.

Jika batuk yang di alami si kecil semakin parah dan beberapa hal yang telah Anda lakukan masih belum bisa membantu meredakan batuk berdahak si kecil, maka Anda harus mengkonsultasikan kondisi si kecil pada dokter. Karena di khawatirkan, batuk yang di alami si kecil ini merupakan salah satu penyebab dari penyakit yang serius, seperti asma atau bahkan bronchitis yang memang harus segera di atasi.

Related Posts

Share This