Cara Ampuh Menstimulasi Kecerdasan Anak

Kecerdasan multiple yaitu berbagai jenis kecerdasan anak yang pastinya bisa di kembangkan dengan baik pada si ekcil. Jenis-jenis kecerdasan tersebut diantaranya yaitu verbal, logical-mathematical, visual spatial, bodily-kinesthetic, musical, intrapersonal, interpersonal, serta naturalist.

Kecerdasan anak pastinya bisa di pengaruhi oleh faktor keturunan atau bahkan faktor bawaan juga genetic juga faktor dari lingkungan sekitar anak. Dan di bawah ini ada beberapa cara dalam merangsang kecerdasan anak, yaitu sebagai berikut:

  1. Kecerdasan berbahasa verbal

Anda bisa membuat anak cerdas dengan menstimulasi kecerdasannya dengan cara mengajaknya bernyanyi atau bahkan bercakap-cakap. Atau Anda juga bisa membacakan cerita kepadanya secara berulang-ulang, menyanyikan lagu dan masih banyak lagi caranya. Dengan begitu, kecerdasan si kecil akan terstimulasi dengan baik.

  1. Kecerdasan emosi inter-personal

Anda bisa memberikan stimulasi kecerdasan anak dengan cara bermain bersama dengannya, atau Anda bisa membiarkan si kecil bermain dengan anak yang lebih tua atau bahkan lebih muda darinya. Biarkan mereka saling berbagi kue, meminjamkan mainannya, bahkan Anda bisa mengajarkan si kecil untuk bersalaman dengan orang lain.

  1. Kecerdasan emosi intra-personal

Anda bisa menceritakan perasaan, keinginan, pengalaman Anda, cita-cita, atau bahkan Anda bisa mengkhayal sebuah cerita. Bahkan Anda juga bisa memberikan stimulasi pada anak dengan mengajaknya untuk selalu tersenyum juga tertawa. Anda harus menjauhkan kata-kata kasar, sikap yang emosional, bertengkah atau bahkan beradu mulut darinya.

  1. Kecerdasan naturalis

Stimulasi kecerdasan anak juga bisa di lakukan dengan cara bercerita dengan gambar, benda, alam atau bahkan kegiatan yang ada di sekelilingnya. Anda harus mengajak si kecil untuk tertawa juga bersenang-senang dengan kejadian atau bahkan peristiwa yang ada di sekitar mereka.

  1. Kecerdasan logika-matematik

Anda juga bisa melakukan hal ini dengan bernyanyi juga bercerita dengan menggunakan angka, terumatama angka satuan 1-10. Misalkan seperti menghitung benda-benda yang ada di sekitar mereka dengan bernyanyi.

  1. Kecerdasan visual-spatial

Intervensi dan stimulasi dengan mengamati gambar atau foto terutama bentuk wajah orang atau kartun yang lucu. Berceritalah dengan kata-kata atau kalimat panjang dengan gambar yang cukup besar dilihat atau benda atau lingkungan dan peristiwa alam. Menggantung dan menggerakkan benda berwarna mencolok seperti lingkaran atau kotak-kotak hitam-putih, benda-benda berbunyi,

  1. Kecerdasan musikal

Anda juga bisa memberikan stimulasi kecerdasan anak dengan mendengarkan musik, bernyanyi, dengan memainkan alat musik, bahkan bisa mengajarkannya bergerak dengan mengikuti irama juga nada. Anda bisa membiasakan dirinya untuk berkomunikasi dengan Anda, seperti ketika mengganti popoknya, memberikan makan, atau bahkan ketika memandikannya untuk selalu bernyanyi dan berdendang dengan lagu.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan ketika Anda ingin memberikan stimulasi kecerdasan otak si kecil. Semoga cara ini bisa bermanfaat bagi Anda semua.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517