Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Mulut Si Kecil

Bagi Anda yang baru saja memiliki buah hati, pastinya merupakan hal yang sangat menyenangkan juga membahagiakan ketika harus memperhatikan pertumbuhan si kecil. Akan tetapi hal tersebut kerap kali di sertai dengan hal yang membutuhkan ketelatenan serta kewaspadaan dalam menjaga kesehatan si kecil, termasuk kesehatan mulut si kecil. Apalagi kesehatan organ pencernaan anak, yang mana pertumbuhannya di awali dengan tumbuhnya gigi.

Terkadang hal ini merupakan satu hal yang kerap kali membuat bingung para orangtua. Bahkan kerap kali pertanyaan datang silih berganti, seperti kapan harus mulai membersihkan bagian dalam mulut si kecil? Atau bagaimana cara memperhatikan kesehatan gigi dan mulut anak? Atau apakah sudah waktunya si kecil menggosok gigi walaupun masih tubuh sedikit?

Bagaimana mencegahnya dari gigi berlubang? Pastinya hal ini akan menjadi satu kekhawatiran yang akan menghantui setiap orangtua. Namun Anda tidak perlu merasa khawatir dalam memperhatikan kesehatan anak, karena banyak diantaranya cara yang bisa Anda lakukan dalam menjaga kesehatan mulut khususnya pada baian gigi si kecil.

Langkah awal yang harus Anda lakukan yaitu dengan membiasakan si kecil untuk memeriksakan giginya ke dokter secara rutin, dan hal tersebut harus di lakukan sejak dini. Mungkin saja Anda bisa mengawali hal tersebut ketika si kecil berumur 1 tahun. Bukan hanya itu, ANda juga harus membiasakan si kecil untuk menjaga kesehatan giginya. Misalkan seperti menggosok gigi si kecil secara teratur, atau bahkan membatasi si kecil untuk mengkonsumsi makanan yang manis yang memang bisa membuat gigi si kecil rusak.

Ketika si kecil mulai tumbuh gigi, Anda bisa menggosok bagian gigi si kecil dengan menggunakan sikat gigi bayi secara perlahan, walaupun gigi yang dimiliki si kecil masih sedikit. Anda juga jangan lupa untuk menggosok giginya sebelum si kecuil tidur, dan setelah si ekcil menggosok gigi, usahakan agar si kecil tidak kembali makan atau bahkan minum apapun selain air putih. Karena dengan si kecil makan setelah menggosok gigi, maka bisa membuat keadaan kuman yang tadinya bersih karena telah di gosok akan kembali lagi.

Anda juga jangan membiarkan si kecil tidur dengan keadaan botol susu yang masih berada di bagian mulutnya. Karena hal ini bisa membuat keadaan gigi si kecil secara perlahan menjadi rusak. Jika si kecil tidak bisa tidur tanpa botol dot, maka Anda jangan memngisi botol susu si kecil dengan susu atau minuman lainnya kecuali air susu.

Nah, itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam menjaga juga merawat kesehatan dan kebersihan mulut si kecil, apakagi ketika si kecil mulai tumbuh gigi. Jangan sampia gigi si kecil rusak karena Anda salah dalam merawat kebersihan mulut juga giginya.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517