Cara Ampuh Mengatasi Bibir Bayi Kering

Sebagai seorang ibu, pastinya Anda akan merasa khawatir ketika bibir bayi kering, bukan? Dan kulit bayi yang baru lahir akan terlihat kering, kasar serta sensitive ketika usianya mulai mengginjak usia 3 sampai 6 minggu.

Dan bibir kering pada bayi biasanya disebabkan oleh keadaan lingkungan eksternal, misalkan seperti cuaca yang tidak mendukung serta rutinitas perawatan kulit si kecil. Bukan hanya itu, bayi dengan kondisi kesehatan yang terganggu seperti eksim atau bahkan  ichtyosis juga bisa menunjukkan keadaan kulit yang kering.

Berikut ini ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah guna mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang di alami si kecil, yaitu sebagai berikut:

  1. Gunakan produk bayi yang lembut dan ramah di kulit bayi

Beberapa produk yang diperuntukkan bagi orang dewasa seperti pelembab, sampo, serta sabun mandi biasanya memiliki kandungan zat pewarna serta beberapa bahan kimia lainnya yang bersifat keras, sehingga jika digunakan kepada si kecil bisa membuat kulit bayi menjadi iritasi.

Sebaiknya Anda memilih produk pelembab atau bahkan sampo yang memang di buat khusus untuk bayi, yang memang tanpa adanya kandungan zat kimia yang berlebihan.

  1. Membatasi paparan cuaca

Batasi paparan cuaca yang bisa membuat si kecil merasa tidak nyaman. Karena panas, sinar matahari, angina serta cuaca yang dingin bisa merusak kelembaban kulit si kecil. Namun hal ini bukan berarti si kecil harus tetap berada di dalam ruangan setiap harinya, karena si kecil harus tetap menerima cahaya dari matahari, dan Anda sebaiknya mengambil tindakan perlindungan.

Anda bisa memakaikan si kecil sarung tangan serta topi sebelum Anda dan si kecil keluar ketika keadaan suhu dingin, dan beristirahatlah di tempat yang teduh ketika berada di musim panas. Menjaga si kecil agar tetap terlindung serta hangat bisa melindungi keadaan kulit si kecil dari kekeringan.

  1. Memandikan si kecil selama 10 menit

Memandikan si kecil selama 10 menit atau kurang dengan menggunakan air hangat. Dan sebaiknya Anda bisa menghindari penggunaan air panas. Rasa panas serta sabun mandi bisa menghilangkan kelembaban keadaan kulit si kecil, terutama ketika berada di musin dingin. Anda bisa memandikan dan menyabuni si kecil dengan sangat lembut serta cepat dengan menggunakan wash lap serta sampo bayi guna melindungi kelembaban kulit si kecil. Untuk bayi yang memiliki keadaan kulit yang kering, Anda harus bisa membatasi si kecil untuk mandi tiga kali dalam satu minggu.

  1. Melembabakan kulit si kecil

Melembabakan kulit si kecil dua kali sehari menggunakan pelembab kulit khusus untuk bayi yang kental. Karena pelembab yang memiliki tekstur kental bisa membuat keadaan kulit si kecil menjadi seikit berminyak, akan tetapi nantinya akan memiliki efek melembabkan kulit lebih lama.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517