Cara Ampuh Mengatasi Batuk Pada Bayi

Perlu Anda ketahui, bahwa mengtasi batuk pada bayi tidak boleh melakukan cara yang sembarangan. Walaupun kelihatannya sangat sepele, namun keadaan tubuh si kecil masih sangat lemah dan mudah terserang oleh berbagai jenis penyakit.

Dalam mengatasi batuk berdahak pada bayi, tidak boleh di samakan dengan mengobati batuk dengan orang dewasa. Dan Anda tidak di anjurkan untuk coba-coba menggunakan obat untuk orang dewasa pada bayi, walaupun penggunaan obat tersebut dalam dosis yang kecil.

Sangat banyak cara mengatasi batuk pada bayi yang bisa Anda lakukan. Dimulai dari obat-obatan dokter, obat herbal sampai obat tradisional. Nah, di bawah ini ada beberapa jenis obat tradisional yang bisa bunda gunakan sebagai obat batuk pada si kecil, yaitu sebagai berikut:

  1. Jeruk Nipis + Madu

Untuk bayi yang sudah berusia lebih dari satu tahun, maka Anda bisa mengobati batuk si kecil dengan menggunakan campuran jeruk nipis dengan madu yang di padukan dengan air hangat. Campuran jeruk nipis dengan madu ini dipercaya mampu meredakan perasaan gatal pada tenggorokan si kecil serta mampu merangsang keluarnya air liur yang pastinya bisa meredakan batuk pada si kecil.

  1. Kunyit

Cara mengatasi batuk pada bayi yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan kunyit. Bukan hanya bisa di gunakan oleh orang dewasa, namun kunyit ini juga bisa di gunakan oleh si kecil sebagai obat guna mengatasi batuk pada si kecil.

  1. Minyak Tradisional

Bukan hanya itu, bentuk ramuan tradisioanl lainnya yang juga bisa mengatasi batuk pada si kecil yaitu minyak tradisional. Minyak tradisional ini sangat banyak variannya, seperti minyak kayu putiih, minyak peppermint, ataupun minyak rosemary. Beberapa jenis minyak tersebut dipercaya mampu mempercepat proses penyembuhan batuk yang di alami si kecil. Walaupun penggunaannya hanay di oleskan dan tidak di konsumsi, namun cara ini juga dinilai cara yang efektif untuk mengatasi batuk yang di alami oleh si kecil.

  1. Bawang Putih

Bawang putih juga tidak hanya bermanfaat untuk memberikan cita rasa pada masakan, namun bawang putih juga memiliki manfaat yang lebih dalam mengatasi batuk pada bayi. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu pengeringkan bawang putih dengan cara di panggang atau di jemur. Setelah itu, masukkan kedalam kantong kain, dan simpanlah di tempat tidur si kecil.

Nah, itulah beberapa cara tradisional yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi batuk yang menyerang si kecil. Obat tradisional ini pastinya aman untuk Anda berikan kepada si kecil dnegan catatan cara penggunaannya yang tepat. Semoga dengan cara ini, penyakit batuk yang menyerang si kecil bisa segera teratasi dengan baik.

Related Posts

Share This