Cara Ampuh Mencegah Terjadinya Infeksi Telinga Pada Bayi

Infeksi telinga pada bayi. Bunda, ketika melihat buah hati kita menangis, rewel bahkan tidak bisa tidur pastinya merupakan salah satu hal yang akan membuat diri Anda merasa khawatir, bukan? Mungkin saja hal ini disebabkan oleh sesuatu hal yang memang kita sendiri tidak mengerti apa yang tengah di alaminya, dikarenakan si kecil yang memang masih belum bisa memberi tahu kita apa yang mereka rasakan.

Akan tetapi satu hal yang harus kita ketahui, bahwa keadaan tersebut umumnya dikarenakan ada hal yang memang mengganggu si kecil, atau si kecil yang memang tengah terserang oleh sebuah penyakit.

Dan salah satu jenis penyakit yang memang akan sangat menyiksa si kecil yaitu infeksi telinga pada anak atau bayi. Umumnya, infeksi telinga pada bayi akan merubah suasana dalam hatinya, dikarenakan ia sangat terganggu serta merasa kesakitan juga perih di bagian telinganya.

Infeksi ini terjadi karena adanya serangan dari kuman, dan kuman yang memang menyerang gendeng telinga si kecil juga sangat berbahaya jika dibiarkan secara terus-menerus tanpa adanya pengobatan yang diberikan kepada si kecil, dan jelas hal tersebut akan mempengaruhi nafsu makan si kecil.

Akan tetapi Anda tidak perlu merasa khawatir, karena pada kesempatan ini kami memiliki beberapa cara mencegah penyakit yang diakibatkan oleh kuman yang mana menyebabkan infeksi telinga pada bayi, yang memang bisa Anda lakukan dengan mudah. Yaitu sebagai berikut:

  1. Anda sebagai orangtua sangat dianjurkan untuk menjauhkan si kecil dari serangan asap rokok. Mengapa? Karena asap rokok ini mampu meningkatkan resiko infeksi yang dialami oleh si kecil. Maka dari itu, Anda harus membuat suasana lingkungan rumah Anda menjadi salah satu tempat yang memang terbebas dari asap rokok, agar si kecil bisa terhindar dari berbagai jenis infeksi.
  2. Anda juga dianjurkan untuk tetap memberikan ASI eksklusif kepada si kecil setidaknya 6 bulan pertama kelahirannya. Karena ASI akan menyediakan antibody untuk si kecil yang mana memiliki fungsi untuk melawan sejumlah infeksi yang tengah bersarang pada bagian telinga si kecil.
  3. Ketika Anda tengah menyusui si kecil, maka Anda dianjurkan untuk memposisikan bagian kepala si kecil jauh lebih tinggi daripada bagian tubuh lainnya. Mengapa? Karena posisi menyusui yang salah bisa menyebabkan cairan yang masuk kembali keluar melalui lubang hidung atau bahkan telinga.

Nah, jika cairan tersebut keluar melalui telinga, maka hal tersebut bisa menambah resiko munculnya kuman yang berkembang biak pada sisa-sisa cairan tersebut. Dan jelas itu akan menyebabkan infeksi pada bagian telinga si kecil.

Dan itulah beberapa hal yang wajib Anda lakukan guna mencegah terjadinya infeksi telinga pada bayi. Semoga informasi yang kami berikan kali ini bisa sangat bermanfaat untuk Anda semua. Terimakasih!

Related Posts

Share This