Cara Ampuh Kurangi Sakit Maag Saat Hamil

Penurunan selera makan yang disertai dengan perasaan mual serta muntah bisa saja terjadi di kondisi kehamilan muda, hal ini dikarenakan adanya pengaruh dari hormon. Dan hal ini akan meningkatkan risiko munculnya sakit maag saat hamil, walaupun sebelumnya ibu hamil tidak memiliki riwayat sakit maag.

Perasaan mual, tidak bisa menerima makanan yang masuk serta perasaan kenyang akan terjadi pada ibu hamil, hal ini dipengaruhi oleh hormon, biasanya hormon pregesteron akan menyebabkan terjadinya penumpukan gas terhadap saluran pencernaan serta bisa mengganggu kenyamanan ibu hamil.

Nah, guna mengatasi sakit maag saat hamil, maka berikut ini kami akan memberikan beberapa tips dalam mengatasi sakit maag kronis yang kerap kali di alami oleh ibu hamil, yaitu sebagai berikut:

  1. Ketika Anda tengah hamil, sebaiknya Anda harus bisa menghindari stress, karena ketika Anda mengalami tekanan psikis ataupun tekanan fisik selama kehamilan, maka bisa memicu produksi asam lambung. Maka sebaiknya Anda bisa meinkmati masa kehamilan Anda dengan disertai dukungan dari orang sekitar Anda.
  2. Bagi Anda yang memiliki riwayat sakit maag sebelum kehamilan, guna mencegah terjadinya penyakit maag selama kehamilan, maka Anda bisa menjaga kesehatan psikis Anda, terutama dalam menikmati masa kehamilan Anda. Kehamilan di trimester pertama kerap kali menjadi keluhan ibu hamil muda dikarenakan munculnya perasaan mual yang disertai dengan muntah yang tidak dapat di tahan.
  3. Guna mengatasi maag pada ibu hamil, maka sebaiknya Anda bisa menghindari keadaan perut yang kosong, dan usahakan untuk Anda sarapan di pagi hari. Anda bisa mencari suasana yang berbeda dengan jenis menu yang variatif, agar suasana sarapan Anda di pagi hari bisa lebih menyenangkan.
  4. Ketika Anda tengah berbadan dua, maka nafsu makan Anda akan lebih menurun, sehingga Anda harus bisa menyiasatinya agar nafsu makan Anda bisa terbentuk kembali. Setidaknya Anda bisa mengatur jadwal makan Anda dengan porsi yang kecil serta frekuensi yang lebih sering, sehingga Anda tidak akan lagi merasakan kenyang yang memang membuat Anda tidak nyaman.
  5. Anda harus menghindari untuk berbaring setelah mengkonsumsi makanan, dan bagi Anda yang setelah makan dan merasakan ketidaknyamanan pada bagian perut maka Anda harus menghindari berbaring setelah makan, dikarenakan sewaktu itu keadaan asam lambung akan mudah berbalik kembali ke kerongkongan ketika Anda berbaring setelah Anda makan.
  6. Ketika Anda akan berbaring, sebaiknya Anda memposisikan bagian kepala Anda untuk lebih tinggi jika dibandingkan dengan posisi kaki, hal ini dikarenakan bisa membantu Anda untuk mencegah asam lambung yang naik ke kerongkongan serta mencegah terjadinya heartburn pada ibu hamil.
  7. Anda bisa mengkonsultasikan kepada dokter ketika Anda hendak mengkonsumsi obat sakit maag, karena bagaimanapun juga keadaan Anda yang tengah hamil tidak bisa sembarangan mengkonsumsi obat-obatan tanpa adanya saran dari dokter. Karena hal tersebut bisa mengganggu kesehatan ibu hamil juga janin yang ada di dalam kandungan.
Baca Juga:  Pemeriksaan Kehamilan Untuk Menunjang Kesehatan Ibu Hamil dan Perkembangan Janin

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517