Cara Ampuh Dalam Memilih Buah Untuk Bayi

Apa yang perlu bunda perhatikan dalam memilih buah untuk bayi? Dan sebaiknya buah apa yang cocok diberikan sebagai MPASI? Si kecil cocoknya makan buah apa ya? Kalau si kecil tidak cocok mengkonsumsi buah-buhan bagaimana? Lantas, bagaimana cara menysiasati agar si kecil suka mengkonsumsi buah bagaimana? Mungkin pertanyaan-pertanyaan itu yang muncul dalam benak bunda ketika bunda memutuskan untuk mengenalkan makanan pendamping ASI atau MPASI kepada si kecil, terutama buah-buhan.

Sebaiknya bunda memperkenalkan si kecil buah-buhan di usianya yang memang sudah seharusnya mengenal MPASI, yaitu sekitar usia 6-7 bulan. Dan buah-buhan yang diberikan juga tidak sembarang buah, karena ada beberapa jenis buah yang memang tidak cocok diberikan sebagai MPASI atau makanan untuk bayi.

Nah, di bawah ini ada beberapa hal yang harus bunda perhatikan ketika hendak memilih jenis buah yang cocok untuk diberikan kepada si kecil, yaitu sebagai berikut:

  1. Cara Memilih Buah

Ketika Anda memilih buah untuk bayi 9 bulan atau bahkan untuk bayi 6 bulan yang baru mengenal MPASI, maka Anda dianjurkan untuk memiliki buah yang berwarna sebagai makanan tambahan si kecil. Karena umumnya vitamin juga mineral terdapat pada jenis buah yang berwarna.

Anda juga dianjurkan untuk memberikan buah secara seragam. Misalkan berikan buah papaya di hari ini, dan berikan jenis buah lainnya untuk hari esok. Di samping agar si kecil tidak merasa bosan, juga mampu menutupi kekurangan vitamin yang memang terdapat dalam salah stau jenis buah.

Dalam proses pemberian buah, Anda juga harus tetap memperhatikan masalah dalam tahapan usia si kecil.

  1. Frekuensi Pemberian Buah

Untuk frekuensi pemberian buah sendiri untuk si kecil, maka sebaiknya Anda menyesuaikan dengan pemberian ASI dan beberapa jenis makanan lainnya.

Untuk permulaan, sebaiknya Anda memberikan buah 1 kali dalam satu hari. Misalkan Anda yang mengganti waktu pemberian ASI yang biasanya dilakukan pada jam 10, diganti dengan pemberian buah untuk si kecil. Untuk tahapan pengenalan, maka Anda bisa mengenalkan jus papaya atau bahkan perasan air jeruk yang memiliki rasa manis.

Ketika itu, Anda lihat reaksi yang diberikan oleh si kecil. Jika si keicl terlihat masih dalam keadaan lapar, maka ANda bisa memberikannya ASI.

  1. Buah Berlemak Tidak Masalah

Anda bisa memberikan buah yang memiliki kandungan lemak, seperti buah alpukat juga air kelapa, dengan catatan diberikan secukupnya dan tidak berlebihan. Anda tidak perlu merasa khawatir kalau si kecil akan menjadi gemuk. Karena lemak yang terdapat dalam kedua jenis buah ini merupakan lemak tak jenuh.

Bahkan lemak yang terdapat dalam buah-buhan justru sangat baik, dikarenakan berasal dari tumbuh-tumbuhan. Bukan hanya itu, lemak ini juga sebagai zat tenaga untuk si kecil. Jika lemak ini dicerna oleh si kecil, maka nantinya mampu mengahsilkan zat tenaga yang dua kali lipat lebih banyak dari kandungan protein atau bahkan karbohidrat.

Nah, itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika Anda hendak memberikan buah-buhan untuk si kecil sebagai MPASI. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517