Cara Ampuh Atasi Susah Tidur Saat Hamil

Semakin bertambahnya usia kehamilan, makan susah tidur saat hamil akan menjadi salah satu keluhan pada kehamilan itu sendiri. Hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu karena adanya keberadaan perut yang semakin hari semakin membesar, adanya gerakan janin yang ada di dalam kandungan, adanya perasaan tidak enak di bagian ulu hati dan masih banyak lagi. Dan kondisi-kondisi ini pastinya bisa menyebabkan ibu hamil susah tidur saat hamil.

Lantas, bagaimana mengatasi susah tidur saat hamil muda atau bahkan hamil tua? Berikut ini ada beberapa cara dalam mengatasi susah tidur saat hamil, yaitu sebagai berikut:

  1. Carilah Posisi Tidur yang Nyaman Untuk Anda

Ketika Anda merasa susah tidur saat hamil tua, maka salah stau faktor terpenting agar Anda bisa mendapatkan tidur nyenyak saat hamil yaitu mendapatkan posisi tidur yang terbaik untuk Anda. Dan posisi tidur terbaik yang memang di anjurkan selama kehamilan yaitu posisi tidur miring ke bagian sisi kiri, dan hal ini mampu mengoptimalkan aliran darah ke bagian oksigen serta nutrisi ke plasenta.

  1. Mandi Dengan Air Hangat

Ketika Anda susah mendapatkan tidur nyenyak, maka Anda bisa membasuh bagian tubuh Anda dengan menggunakan air hangat dengan menggunakan sabun yang memiliki aroma yang wangi juga rasa yang segar, hal ini akan membantu Anda untuk merasa siap untuk tidur.

  1. Hindari Makan Terlalu Banyak Saat Menjelang Tidur

Hindari mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak atau bahkan terlalu mengenyangkan di malam hari, karena hal ini mampu mempengaruhi porsi tidur Anda. Anda bisa menggantinya dengan beberapa makanan ringan atau bahkan dengan satu gelas susu hangat. Hal ini bertujuan untuk mengurangi perasaan tidak enak di bagian ulu hati atau bahkan di bagian perut yang juga akan mempengaruhi saat tidur Anda.

  1. Minum Segelas Susu Hangat

Ketika Anda hendak tidur, minumlah satu gelas air hangat. Dikarenakan susu memiliki kandungan asam amino tryptophan yang mampu meningkatkan kadar serotonin yang berada di dalam otak yang nantinya akan membantu Anda untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

  1. Dengarkan Musik

Anda bisa mencoba untuk mendengarkan musik yang memang bisa memberikan ketenangan juga rasa nyaman pada tubuh Anda. Anda bisa memilih musik yang memang bisa memberikan rasa tenang pada diri Anda. Karena dengan Anda merasa tenang juga nyaman, maka akan memudahkan Anda dalam mendapatkan tidur yang nyenyak juga nyaman.

  1. Latihan Menarik Nafas

Latihan pernapasan juga bisa membantu Anda untuk mengurangi ketegangan di bagian otot serta bisa membantu Anda untuk mendapatkan porsi tidur yang lebih baik. Anda bisa mencari posisi yang nyaman bagi Anda ketika melakukan latihan pernapasan, bisa di lakukan dengan cara duduk, berdiri atau bahkan berbaring. Anda bisa menarik nafas melalui hidung secara perlahan, setelah itu secara perlahan tahan nafas selama 1-2 detik, dan hembuskan nafas melalui mulut secara perlahan. Lakukan hal ini beberapa kali sampai Anda benar-benar merasa nyaman.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517