Cara Ampuh Atasi Sariawan Pada Bayi

Sariawan pada bayi atau lebih dikenal dalam istilah kedokteran sebagai stomatitis aphtosa merupakan suatu gangguan yang terjadi pada mulut yang bisa menimbulkan rasa perih serta ditandai dengan adanya permukaan cekung yang berwarna putih kekuning-kuningan. Sariawan ini bisa terjadi pada siapa saja, baik orang dewasa, anak-anak bahkan bayi. Dan hal ini kerap kali membuat si kecil menolak ketika diberikan ASI.

Bayi yang masih berusia di bawah 2 bulan tidak menutup kemungkinan bisa terserang oleh jamur yang bisa menyebabkan sariawan ini, karena adanya jamur candida yang semakin meningkat. Peningkatan jenis jamur ini bisa terus meningkat karena sistem kekebalan tubuh si kecil yang belum sempurna, sehingga kondisi tubuh si kecil kurang mampu dalam melawan infeksi jamur tersebut atau bahkan adanya pemberian antibiotic yang memang telah mengurangi tingkat bakteri sehat dalam tubuh si kecil, sehingga kemungkinan besar penyebaran jamur candida semakin besar. Jika seperti itu, bagaimana mengatasi sariawan pada bayi tanpa harus menggunakan obat-obatan yang berbahan dasar kimia?

Dan di bawah ini ada beberapa cara yang bisa bunda lakukan guna mengatasi sariawan pada bayi. Berikut ini cara mengatasi sariawan pada bayi yang bisa Anda peraktekkan di rumah, yaitu sebagai berikut:

  1. Memperhatikan Konsumsi Ibu Menyusui

Penting untuk Anda ketahui, bahwa nutrisi yang di hasilkan dari ASI akan sangat membantu si kecil dalam mengatasi sariawan yang diseritanya. Ketika si kecil mengalami sariawan, maka Anda bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang kaya akan kandungan probiotik, misalkan seperti yogurt atau bahkan suplemen probiotik dengan catatan atas saran dari dokter. Hal ini dilakukan guna menjaga keseimbangan tubuh Anda serta bisa meminimalisir perkembangan jamur candida terhadap si kecil. Selain itu, Anda juga harus benar-benar memperhatikan pola makan, dan hindarilah beberapa jenis makanan olahan serta makanan yang mengandung kadar gula yang terlalu tinggi, karena kandungan gula yang terlalu tinggi bisa memicu perkembangan jamur candida yang semakin meningkat.

  1. Cream tradisional

Dalam mengatasi sariawan pada bayi, Anda juga bisa menggunakan cream tradisional, yaitu dengan menggunakan minyak kelapa. Mengapa minyak kelapa? Karena di dalam minyak kelapa terkandung anti jamur yang alami. Anda bisa mengoleskan minyak kepala tersebut ke bagian putting payudara, sehingga bisa mengurangi perkembangan jamur candida. Bukan hanya itu, Anda juga bisa menggunakan cyka sari apel, yang memang bisa Anda gunakan sebagai cream tradisional guna mencegah perkembangan jamur candidad.

  1. Sinar matahari

Bantuan dari sinar matahari di pagi hari juga bisa membantu Anda menghindari si kecil dari serangan sariawan. Dan pencegahan dengan cara ini bisa Anda lakukan dengan cara mengajak si kecil untuk berjemur di pagi hari. Mengapa? Karena jamur jenis ini bisa berkembang di tempat-tempat yang lembab juga gelap. Anda juga harys menguasakan kalau keadaan kamar si kecil mendapatkan sirkulasi udara yang cukup serta terpapar langsung oleh sinar matahari.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517