Cara Ampuh Atasi Gusi Berdarah Saat Hamil

Hai bumil! Apakah Anda mengalami radang gusi atau gusi berdarah saat hamil? Memang benar, radang gusi atau bahkan gusi berdarah saat hamil merupakan salah satu gangguan kesehatan yang bisa di alami oleh sebagian besar ibu hamil. Radang gusi biasanya di tandai oleh beberapa ciri seperti:

  1. Gusi membengkak dengan warna merah terang atau merah kebiruan
  2. Pinggiran gusi membengkak, berwarna kemerahan, halus, dan mengkilat lunak
  3. Gusi berdarah saat hamil
  4. Gigi goyang atau lepas
  5. Bau mulut

Radang gusi atau bahkan gusi berdarah pada ibu hamil bisa meningkat di awal kehamilan, dimana kondisi produksi hormon gonadotropin meningkat. Bukan hanya di awal kehamilan, radang gusi juga bisa terjadi di trimester tiga kehamilan, dimana tingkat hormon estrogen dan progresteron tinggi. Maka dari itu, ibu hamil sangat di anjurkan untuk bisa menjaga kebersihan rongga mulut dengan tujuan mampu meminimalkan resiko terkena gangguan radang gusi yang memang bisa berakibat buruk terhadap kehamilan, seperti terjadinya kontraksi rahaim yang terjadi sebagai respons dari hormon prostaglandin yang memang di hasilkan sebagai salah satu bentuk pertahanan dari serangan kuman, agar tubuh tetap dalam kondisi sehat. Bahkan bisa menyebabkan bayi lahir premature.

Jika kita mengingat adanya bahaya pada kehamilan yang di timbulkan oleh radang gusi, maka ibu hamil sangat membutuhkan kesadaran diri guna melakukan beberapa hal yang memang masih berkaitan dengan perawatan rongga mulut juga gigi agar tidak terjadinya radang gusi, yaitu sebagai berikut:

  1. Rajin sikat gigi dan flossing

Bisa saja terjadi gusi berdarah saat sikat gigi, namun itu bukan berarti Anda tidak menggosok gigi Anda karena takut gusi berdarah. Anda dianjurkan untuk menyikat gigi Anda dua kali dalam satu hari, dan pergunakanlah benang gigi setelah Anda selesai makan. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya plak yang memang bisa menyebabkan radang di bagian gusi.

  1. Rajin periksa gigi di dokter gigi
Baca Juga:  Penyebab Wasir Pada Ibu Hamil yang Harus Diperhatikan

Guna menghindari radang gusi atau gusi berdarah saat hamil, maka Anda bisa membersihkan karang gigi pada dokter. Bukan hanya itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mencegah terjadinya penyakit periodontitis yang memang bisa mengganggu kesehatan janin dalam kandungan.

  1. Gunakan obat kumur non-alkohol

Anda juga bisa menggunakan obat kumur agar bagian rongga mulut Anda bisa tetap terjaga kelembabannya. Dan sebaiknya, penggunaan obat kumur ini tidak melebihi selama 2 minggu.

  1. Rajin mengonsumsi buah dan sayur

Agar tidak terjadi radang gusi, maka Anda dianjurkan untuk rajin mengkonsumsi buah dan sayuran, dan kurangilah untuk mengkonsumsi makanan serta minuman manis guna menjaga kesehatan gusi juga gigi Anda.

  1. Banyak minum air putih

Anda juga dianjurkan untuk memperbanyak mengkonsumsi air putih, karena selain mencegah terjadinya dehidrasi, air putih juga bisa membantu Anda menjaga kesehatan rongga mulut.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517