Cara Ampuh Atasi Diare Pada Bayi di Bawah 1 Tahun

Diare pada bayi merupakan salah satu jenis penyakit yang mana sangat mengganggu organ sistem pencernaan si kecil, hal ini dikarenakan adanya bakteri jahat yang berada di dalamnya. Meskipun diare pada bayi tidak begitu berbahaya, namun Anda harus memastikan kalau Anda tidak menyepelekan jenis penyakit ini ketika menyerang si kecil.

Mengapa? Karena jika Anda tidak segera mengatasi diare pada bayi, maka diare yang dialami oleh si kecil ini bisa memicu dehidrasi pada tubuhnya. Parahnya lagi, penyakit ini juga bisa membuat orang yang mengalaminya meninggal dunia.

Maka dari itu, jangan pernah Anda meremehkan penyakit ini, terutama ketika menyerang si kecil. Jika seperti itu, bagaimana cara mengatasi diare pada bayi? Ingin tahu jawabannya? Yuk simak ulasannya di bawah ini:

1. ASI

Ketika si kecil mengalami diare, maka Anda bisa memberikannya ASI setidaknya dalam waktu 10 menit satu kali ketika ia terbangun. Dan hal ini pastinya mampu membantu si kecil agar tetap terjaga serta terhindar dari dehidrasi yang diakibatkan oleh diare.

Anda harus memastikan kalau bagian payudara Anda ada dalam keadaan bersih, hal ini bertujuan agar diare yang dialami oleh si kecil tidak bertambah parah. Dan jika si kecil minum ASI dari dot susu, maka Anda juga harus memastikan kebersihan botol bayi yang akan di gunakan.

2. Makanan

Bukan hanya itu, Anda juga harus menjaga pola makan juga asupan makanan yang bergizi yang Anda konsumsi. Anda harus menghindari mengkonsumsi makanan yang asam, pedas juga beberapa jenis makanan lainnya yang bisa memicu diare yang dialami oleh si kecil lebih parah. Karena umumnya makanan yang Anda konsumsi bisa berpengaruh terhadap kualitas ASI Anda.

3. Oralit

Anda harus memastikan kalau Anda tidak memberikan air putih kepada si kecil, terutama ketika ia tengah diare. Namun sebaiknya Anda berikan si kecil ASI dengan jumlah yang cukup dan Anda juga bisa sesekali memberikan si kecil larutan oralit.

Larutan ini setidaknya bisa Anda beli di toko obat, namun Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya yaitu, Anda bisa mencampurkan satu sendok gula serta setengah sendok garam, setelah itu larutkan dalam air matang sebanyak satu gelas. Anda bisa memberikan campuran oralit ini pada si kecil sedikit demi sedikit. Anda harus memastikan kalau Anda memberikan larutan oralit ini secukupnya dan tidak berlebihan pada si kecil.

4. Istirahat

Pastikan si kecil mendapatkan istirahat yang cukup. Anda bisa menidurkan si kecil di tempat yang memang dirasa tenang juga nyaman. Karena istirahat yang cukup mampu membantu si kecil cepat pulih dan sembuh dari diare yang dialaminya.

Nah, itulah beberapa cara alami guna mengatasi diare yang dialami oleh di bawah 1 tahun. Jika dalam 2-3 hari si kecil masih belum juga sembuh, maka sebaiknya segeralah Anda membawa si kecil ke dokter.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517