Cara Ampuh Atasi Bayi 2 Bulan Susah Buang Air Besar (BAB)

Sebenarnya, bunda sebagai orangtua tidak perlu merasa khawatir atau bahkan cemas ketika bayi 2 bulan susah buang air besar atau BAB. Mengapa? Karena air susu ibu atau ASI yang diberikan oleh bunda mampu diserap dengan baik oleh sistem pencernaan si kecil secara sempurna, sehingga ada kalanya bayi yang masih berusia 2 bulan tidak buang air besa sama sekali selama 3 hari atau bahkan sampai 1 minggu. Dan hal ini kerap kali terjadi pada setiap bayi usia 2 bulan, dan ketika di konsultasikan kepada dokter, ternyata banyak juga para ahli yang menyebutkan bahwa kondisi ini merupakan kondisi yang normal, jika bayi 2 bulan susah buang air besar. Terutama ketika si kecil hanya diberikan ASI tanpa mengkonsumsi susu tambahan.

Akan tetapi, pastinya bunda sebagai orangtua akan merasakan cemas ketika melihat kondisi juga keadaan si lecil yang mengalami susah buang air besar. Oleh sebab itu, banyak juga diantaranya orangtua yang bertanya, apakah bayi usia 2 bulan boleh diberi buah papaya? Mungkin maksud orangtua memberikan si kecil buah papaya ketika bayi susah buang air besar agar buang air besarnya bisa lancer. Namun ternyata, cara ini tidak dianjurkan oleh para dokter, dan dokter lebih menganjurkan agar ibunya saja yang lebih banyak mengkonsumsi buah-buhan.

Susah buang air besar pada bayi yang masih berusia 2 bulan kemungkinan saja terjadi, hal itu dikarenakan adanya produksi ASI yang hanya sedikit, sehingga semua ASI yang dikonsumsi bayi tercerna habis tanpa ada ampas atau sisa. Sekali lagi penting untuk bunda ingat, kalau ASI bisa dicerna oleh si kecil secara sempurna. Dan itulah salah satu alasan mengapa ibu dianjurkan untuk lebih banyak mengkonsumsi buah juga sayuran, agar produksi ASI bisa meningkat.

Dengan meningkatkan produksi ASI, maka secara otomatis si kecil mampu mengkonsumsi susu dalam jumlah yang cukup banyak, sehingga terdapat sisa dari proses pencernaan si kecil, dan sisa dari ASI inilah yang nantinya akan dibuang sebagai fases.

Ingat, sebaiknya Anda tidak memberikan makanan tambahan kepada bayi 2 bulan selain hanya memberikan ASI, dan hal ini akan tetap berlaku sampai si kecil menginjak usia 6 bulan. Ketika si kecil lahir sampai usianya 6 bulan, sebaiknya Anda hanya memberikan ASI sesuai yang di inginkan oleh si kecil, dan Anda tidak perlu untuk memberikan makanan tambahan, karena keadaan lambung si kecil masih belum cukup sempurna guna mencerna jenis makanan lain terutama yang padat. Dan bayi yang baru lahir sampai usianya 6 bulan hanya boleh diberikan susu tambahan atau susu formula, dan itu dibolehkan dalam keadaan yang terpaksa, misalkan seperti ibu sakit ketika menyusui atau bahkan produksi ASI yang terhenti.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517