Cara Ampuh Agar BAB Lancar

Agar BAB lancar. ANda mengalami susah buang air besar atau BAB? Anda jangan pernah menyepelekan hal tersebut. Karena jika BAB Anda tidak lancar, maka akan banyak sekali aktivitas harian Anda yang juga akan ikut terganggu, bahkan kesehatan Anda juga akan sangat bermasalah. Belum lagi perasaan tidak nyaman yang akan Anda rasakan ketika Anda mengalami susah BAB. Jika sudah seperti itu, penting bagi Anda untuk mencari cara untuk mengatasi persoalan ini.

Dan berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar BAB lancar tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan kimia, yaitu sebagai berikut:

1. Konsumsi Serat

Ketika Anda mengalami susah BAB, maka Anda dianjurkan untuk memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur. Mengapa? Karena kandungan serat yang ada pada buah dan sayur bisa membantu ANda memperlancar BAB.

2. Posisi Jongkok

Agar ketika BAB Anda bisa lebih lancar serta cepat, maka Anda harus mengusahakan untuk mengambil posisi berjongkok.

3. Minum Air Putih

Konstipasi kronis ini juga bisa disebabkan karena Anda kurang mengkonsumsi air mineral. Maka dari itu, agar BAB Anda lancar, Anda harus mengkonsumsi air mineral atau air putih dalam jumlah yang banyak,n agar kebutuhan cairan Anda bisa tercukupi dengan baik.

4. Minum Kopi Hangat

Bukan hanya memastikan kalau tubuh Anda bisa tercukupi cairan, Anda juga bisa mengkonsumsi satu gelas kopi hanya ketika Anda mengalami susah BAB. Karena mengkonsumsi kopi hangat juga dipercaya mampu memperlancar BAB.

5. Gerakkan Tubuh

Apakah Anda ingin sistem pencernaan Anda bekerja dengan normal dan lancar? Maka dari itu, ANda dianjurkan untuk berolahraga, atau minimalnya Anda harus melakukan gerakan fisik.

6. Pijat

Pijatan juga mampu membantu Anda dalam memperlancar proses BAB. Maka dari itu, ketika Anda mengalami susah BAB, Anda bisa memijat area perineum. Karena ketika Anda menekan bagian tersebut, itu sama halnya dengan Anda menekan tombol ajaib yang bisa memudahkan Anda dalam proses BAB.

7. Luangkan Waktu Khusus

Umumnya proses BAB ini rutin terjadi ketika jam-jam yang sama. Maka dari itu, Anda bisa memperhatikan waktu serta tandai jam berapa lagi Anda akan BAB. Dan setelah itu, Anda bisa meluangkan waktu khusus setiap harinya guna menuntaskan proses BAB Anda.

8. Konsumsi Probiotik

Nah, Anda juga bisa mengkonsumsi probiotik, karena cara ini juga efektif untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda. Jika Anda memiliki masalah atau gangguan terhadap sistem pencernaan, sampai Anda susah mengalami BAB, maka Anda bisa mengkonsumsi yogurt.

Dan itulah beberapa cara yang memang bisa Anda lakukan guna memperlancar sistem pencernaan Anda, dan Anda tidak akan lagi mengalami kesulitan ketika BAB.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517