Cara Aman Meringankan Bronkitis Pada Anak

Umumnya bronchitis pada anak akan menyerang pada anak yang masih berusia di bawah 2 tahun, khususnya di usia 3-6 bulan. Bronkitis ini merupakan infeksi atau bahkan peradangan yang terjadi pada saluran udara besar di bagian paru-paru, yakni saluran udara yang di sebut dengan bronkus.

Dan untuk penyebab dari penyakit bronchitis pada anak ini yaitu Respiratory Syncytial Virus (RSV) atau bahkan bisa terjadi karena adanya serangan dari beberapa virus lainnya seperti virus adenovirus atau influenza. Virus-virus ini nantinya akan menyebar melalui individu ke individu melalui cairan hidung.

Biasanya gejala bronchitis yang terjadi pada si kecil ditandai dengan gejala ISPA, yakni infeksi saluran pernapasan atas yang ringan, setelah itu keadaan si kecil akan semakin parah dalam waktu 2-3 hari, sehingga si kecil mengalami muntah serta ia akan berdesis ketika ia bernapas.

Untuk proses pengobatan bronchitis pada anak, maka sebaiknya Anda segera membawanya ke dokter guna mendapatkan penanganan yang jauh lebih serius jika gejala si kecil mulai menandakan parah. Pada kasus bayi yang mengalami bronchitis, mereka akan mengalami demam pada puncaknya dengan susu 103 derajat F.

Namun walaupun seperti itu, kondisi yang masih dalam keadaan ringan masih bisa di tangani dengan cara sederhana, yang memang bisa membantu si kecil dalam meringankan gejala bronchitis, yaitu sebagia berikut:

  1. Untuk si kecil yang mulai mengenal makanan pendamping ASI, maka bisa diberikan cairan yang berfungsi untuk meringankan gejala brinkitis pada si kecil, serta guna memberikan asupan cairan agar si kecil tetap terhidrasi.
  2. Anda bisa melembabkan udara yang ada di dalam ruangan, dan hal ini bisa membantu si kecil dalam bernafas. Namun Anda juga harus memperhatikan kebersihan dari ruangan tersebut, agar bisa terhindar dari debu serta kotoran lainnya.
  3. Untuk bayi yang memang memiliki kondisi batuk yang berdahak, maka Anda bisa membantunya untuk melancarkan dahak tersebut dengan cara memberikan uap air guna dihisap si kecil, hal ini di lakukan agar dahak yang ada di dalam tidak sersedak atau bahkan Anda bisa menggunakan humidifer .
  4. Si kecil harus mendapatkan istirahat yang cukup serta hindari si kecil dari cuaca yang dingin, debu, serta asap yang memang bisa mengiritasi saluran udara.
  5. Anda bisa memberikan rasa nyaman untuk si kecil dengan cara menepuk-nepuk bagian dada si kecil dengan cara yang lembut, hal ini bisa membantu meringankan gejala bornitis pada si kecil.

Walaupun umumnya gejala penyakit bronchitis ini akan berkurang dalam waktu satu minggu, serta kematian bayi yang di sebabkan oleh penyakit ini tidak mencapai 1%, namun sangat penting untuk Anda melakukan pencegahan dini yang memang bisa Anda terapkan di lingkungan sekitar rumah Anda.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517