Cara Aman Mencegah Varies Pada Ibu Hamil

Hai bumil! Apakah Anda tahu, kalau salah satu gangguan yang kerap kali terjadi di masa kehamilan yaitu varises pada ibu hamil atau disebut juga dengan pembesaran vena? Kondisi ini pastinya akan membuat rasa percaya diri ibu hamil akan berkurang. Namun bukan hanya itu, varises pada ibu hamil juga kerap kali memicu terhadap gangguan kesehatan yang jauh lebih serius, misalkan seperti adanya penyumbatan vena.

Bahkan Luis Navarro, direktur The Vein Treatment Center, New York, mengatakan, kehamilan merupakan salah satu faktor yang menyebabkan percepatan formasi vena terbesar. Dan hal ini dipengaruhi dengan adanya peningkatan volume darah serta tekanan yang memang disebabkan oleh janin yang semakin hari semakin bertambah besar terhadap vena terbesar di dalam tubuh, yakni vena cava inferior. Dan inilah salah satu penyebab kaki bengkak pada ibu hamil atau disebut juga dengan varises pada ibu hamil.

Bahkan Navarro juga mengatakan, penyebab lain terjadinya varises pada ibu hamil yaitu lemahnya dinding vena serta katup. Bahkan resiko terjadinya varises akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia, berat badan juga jumlah kehamilan.

Namun Anda tidak perlu merasa khawatir, karena sebenarnya varises atau bengkak pada ibu hamil bisa dicegah dengan menggunakan cara-cara yang aman, seperti:

  1. Tidur menghadap kiri

Dikarenakan bagian vena cava berada di bagian kanan tubuh ibu hamil, maka dengan posisi tidur ike arah kiri merupakan salah satu cara yang terbaik agar darah bisa kembali kea rah kanan tubuh.

  1. Olahraga

Olahraga juga merupakan salah satu cara yang baik guna memperbaiki sirkulasi darah yang berada di dalam tubuh. Bahkan para ahli juga mengatakan, bahwa olahraga sangat aman dilakukan ketika hamil. Bumil bisa melakukan olahraga dengan durasi 30 menit atau bahkan lebih, dengan melakukan olahraga moderat setiap harinya maka kondisi akan semakin baik.

  1. Posisikan kaki lebih tinggi
Baca Juga:  Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil

Anda dianjurkan untuk memposisikan keadaan kaki yang jauh lebih tinggi dari jantung disetiap tiga jam, dan itu akan mem[erbaiki sirkulasi. Dan ketika berdiri, Anda harus memastikan kalau Anda tidak bertumpu pada satu kaki, dan jangan pernah Anda menyilangkan kaki ketika Anda duduk.

  1. Jaga kenaikan berat badan

Anda harus bisa menjaga berat badan Anda agar tetap stabil. Karena kenaikan berat badan yang berlebihan ketika hamil bisa menyebabkan munculnya varises. Maka dari itu, Anda harus memastikan kalau kenaikan berat badan Anda sesuai dengan angka yang telah disarankan, dan sesuai dengan indeks masa tubuh Anda sebelum Anda hamil.

  1. Hindari konstipasi

Konstipasi juga mampu peningkatkan risiko terjadinya varises. Maka dari itu, Anda dianjurkan untuk menghindari hal tersebut dengan banyak mengkonsumsi air mineral, kurangi kadar garam, serta cukupi asupan serat Anda.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517