Cara Alami Untuk Mengatasi Demam Pada Bayi

Demam pada bayi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sebaiknya jangan disepelekan. Hal ini karena bisa mengganggu tumbuh kembang si kecil. Tangisan si kecil ketika demam tentunya seringkali membuat para orangtua menjadi sangat panik. Bahkan sebagian orangtua merasa sangat kebingungan untuk mencari cara mengatasi gangguan kesehatan tersebut.

Perlu Anda ketahui bahwa demam bukan merupakan salah satu gangguan kesehatan yang serius. Demam merupakan bentuk reaksi dari sistem imun dalam melawan penyakit atau virus yang membahayakan didalam tubuh. Dalam hal ini sebaiknya para orangtua tidak panik secara berlebihan. Alangkah lebih baiknya bersikap tenang sehingga bisa mencari solusi terbaik untuk mengatasi gangguan kesehatan tersebut.

Jangan terburu buru dalam memberikan obat penurun demam pada anak karena bisa berakibat fatal nantinya. Terlebih lagi jika obat obatan tersebut mengandung bahan kimia maka bisa berdampak terhadap kesehatan si kecil. Sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui solusi yang tepat dalam mengatasi demam pada bayi.

Demam pada bayi seringkali membuat kita khawatir karena si kecil belum bisa menceritakan apa yang dia rasakan sehingga para orangtua oun seringkali dibuat bingung untuk menanganinya. Sebaiknya lakukan tindakan yang tepat dan aman untuk meredakan demam pada bayi. Ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk memberikan pertolongan pertama bagi si kecil. Simak berikut ini!

Cara Mengatasi Demam Pada Bayi dan Anak-anak

  1. Pantau Suhu Badan

Perhatikan suhu badan si kecil antara suhu normal dan demam. Bunda harus bisa membedakan mana suhu badan normal dan tidak normal atau masuk dalam kategori demam. Jika suhu tubuh si kecil lebih tinggi dari biasanya maka sebaiknya periksa juga dengan alat pengukur suhu untuk memastikan bahwa si kecil demam atau tidak. Jangan hanya mengira ngira saja namun sebaiknya gunakan alat pengukur suhu yang benar.

  1. Perhatikan Asupan Cairan Untuk Si Kecil

Demam bisa menyebabkan si kecil kehilangan banyak sekali cairan tubuh. Hal ini bisa berisiko menyebabkan dehidrasi. Untuk mencegah hal tersebut sebaiknya perhatikan asupan cairan tubuh dengan memberikan ASI atau jus buah jika si kecil sudah berusia diatas 6 bulan. Hal ini untuk mencegah si kecil kehilangan banyak cairan yang berpotensi sangat membahayakan keselamatannya.

  1. Asupan Nutrisi Harus Terjaga

Ketika si kecil demam sebaiknya berikan asupan nutrisi yang seimbang dengan memberikan makanan yang bergizi. Jangan membiarkan si kecil begitu saja. Kalaupun tidak nafsu makan maka paksakan sedikit demi sedikit. Hal ini untuk menjaga kondisi tubuhnya supaya tidak ngedrop. Berikan ASI, bubur atau makanan lunak lainnya yang lebih mudah untuk di cerna.

  1. Hindari Pakaian atau Selimut Tebal

Atur suhu ruangan saat si kecil demam dan jangan memakaikan pakaian yang terlalu tebal karena justru hal ini akan membuat si kecil semakin tidak nyaman. Sebaiknya kenakan baju yang tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal juga sehingga dalam keadaan demam si kecil akan tetap merasa nyaman.

  1. Kompres Hangat

Selanjutnya untuk mengatasi demam pada bayi atau anak anak yaitu dengan cara kompres menggunakan air hangat. Jangan menggunakan air dingin atau air es karena hal ini justru akan memperburuk kondisi si kecil. Sebaiknya gunakan air hangat dan kompres secara perlahan hingga kondisinya benar benar membaik. Jika suhu tubuhnya tak kunjung turun maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk tindakan lebih lanjut.

Itulah beberapa cara mengatasi demam pada bayi atau anak anak. Jangan sembarangan untuk memberikan obat penurun panas pada anak karena bisa berisiko terhadap kesehatannya. Jika ingin memberikan obat obatan sebaiknya atas saran dari dokter. Berkonsultasilah terlebih dahulu untuk mendapatkan solusi terbaik dalam menangani permasalahan demam pada anak. Jangan gegabah dalam emngambil tindakan karena sangat berisiko dalam jangka panjang.

Perhatikan selalu kesehatan bayi atau anak anak dengan memberikan asupan makanan bergizi sehingga sistem imun tubuhnya akan senantiasa dalam keadaan sehat. Jika daya tahan tubuh si kecil kuat maka bisa dipastikan tidak akan mudah terkena infeksi virus dan bakteri atau kuman jahat lainnya yang membahayakan tubuh. Demikian sekilan tentang cara alami mengatasi demam pada bayi. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517