Cara Alami Mengatasi Batuk Pada Anak

Perlu Anda ketahui, bahwa mengatasi batuk pada anak tidak boleh Anda lakukan dengan cara yang sembarangan. Walaupun terlihatnya begitu sepele, namun satu hal yang harus Anda ingat, bahwa daya tahan tubuh si kecil masih sangat lemah.

Bahkan, dalam mengatasi batuk pada anak juga tidak boleh Anda samakan dengan mengatasi batuk pada orang dewasa, bahkan ketika si kecil mengalami batu maka si kecil juga tidak boleh sembarangan di beri obat batuk, apalagi diberi obat batuk orang dewasa walaupun jumlah dosisnya sedikit.

Lantas, bagaimana cara mengatasi batu pada anak? Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan guna mengatasi batuk pilek pada anak tanpa harus menggunakan obat-obatan kimia, yaitu sebagai berikut:

Jeruk Nipis + Madu

Ketika si kecil mengalami batuk, maka anda bisa mengatasinya dengan memberikan minuman hangat yang telah di campurkan madu dengan jeruk nipis. Campuran madu serta jeruk nipis ini mampu meredakan perasaan gatal pada area tenggorokan serta mampu merangsang keluarnya air lir yang memang bisa meredakan batuk pada anak.

Kunyit

Selanjutnya yaitu, ketika si kecil menderita batuk, maka Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan ramuan yang terbuat dari bahan dasar kunyit. Bukan hanya bisa di gunakan oleh orang dewasa, kunyit juga bisa di gunakan untuk menyembuhkan batuk pada bayi atau bahkan balita. Caranyapun tidak begitu terlalu rumit, jika si kecil masih menyusu, maka Anda bisa mengoleskan bubuk kunyit ke bagian payudara Anda. Bukan hanya itu, Anda juga mencampurkan bubuk kunyit dengan susu formula si kecil.

Minyak Tradisional

Minyak tradisional ini juga bisa menjadi alternative untuk mengatasi batuk pada anak. Jenis minyak yang memang banyak variannya di Indonesia ini seperti minyak kayu putih, minyak peppermint, atau bahkan minyak rosemary, dinilai bisa membantu anak dalam mempercepat proses penyembuhan sakit pada bayi atau balita yang menderita batuk. Caranya cukup gampang, Anda bisa mengoleskan minyak tradisional ini tepat pada bagian dada si kecil.

Bawang Putih

Anda juga bisa memanfaatkan bawang putih untuk mengatasi batuk pada anak. Caranya cukup mudah, Anda tinggal mengeringkan bawang putih dengan cara di panggang, setelah dikeringkan dan dingin, masukkan bawak putih ke kantong kain, dan setelah itu simpanlah di bagian bawah tempat tidur si kecil, namun menyimpannya jangan terlalu dekat dengan jangkauan si kecil.

Walaupun ramuan tradisional memiliki efek yang yang relative lebih lama jika dibandingkan dengan obat-obatan kimia atau bahkan obat-obatan dari dokter, akan tetapi resiko atau bahkan efek samping yang dimilikinya jauh lebih kecil serta relative aman untuk di gunakan si kecil.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517