Cara Alami Atasi Sembelit Pada Bayi 6 Bulan

Sembelit pada bayi merupakan satu kondisi yang membuat si kecil merasa sangat tidak nyaman, dan hal ini kerap terjadi pada bayi baik di usia 6 bulan atau bahkan di atas atau di bawah usia tersebut. Dan Anda bisa meringkankan kondidi ini dengan cara memberi pengobatan secara alami yang memang aman untuk di lakukan kepada si kecil.

Gejala sembeli pada bayi yang masih berusia 6 bulan, biasanya di tandai dengan keadaan si kecil terus-menerus menangis dan belakangan ini sangat jarang buang air besar. Nah, jika si kecil mengalami semeblit, maka bunda bisa mengatasi sembelit pada bayi 6 bulan ini dengan cara yang alami, agar tidak terjadi suatu hal yang tidak di harapkan.

  1. Obat pencahar alami

Ketika bayi 6 bulan susah BAB, maka bunda bisa mengatasinya dengan cara membuat obat pencahar alami yang aman untuk di konsumsi si kecil. Yaitu dengan cara merendam buah plum dengan menggunakan air panas selama satu malam. Setelah itu, minumkan ramuan tersebut sebanyak satu sendok the kepada si kecil. Namun jika Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan buah plum, maka Anda bisa menggunakan buah apel yang di cincang. Bukan hanya buah plim juga buah apel, ternyata buah pir, bayam juga kacang polong di percaya mampu mengatasi sembelit secara alami.

  1. Pengobatan melalui ASI

Perlu Anda ketahui, bawha bayi bisa merasakan makanan apa yang di konsumsi oleh sang ibu melalui ASI yang ia minum. Oleh karena itu, sangat di anjurkan kepada ibu untuk meningkatkan asupan air mineral, minimal sebanyak 6-7 gelas setiap harinya. Bukan hanya itu, Anda juga dianjurkan untuk menambahkan asupan makanan yang memiliki kandungan serat, seperti sayuran juga buah-buhan, hal ini bertujuan agar pencernaan bayi bisa tetap lancer dan terhindar dari sembelit.

  1. Hindari makanan tertentu untuk bayi

Perlu untuk bunda ketahui, bahwa sistem pencernaan si kecil masih belum sempurna untuk mengolah makanan yang ia konsumsi, sehingga ada beberapa jenis makanan padat yang bisa menyebabkan ia sembelit. Salah satunya buah pisang yang masih muda. Oleh karena itu, bunda harus benar-benar memilih pisang yang matang juga lunak untuk di berikan kepada si kecil.

  1. Memijat perut bayi

Ketika si kecil mengalami sembelit, maka Anda bisa memijat bagian perut si kecil dengan sangat lembut searah jarum jam, setelah itu mandikan si kecil dengan menggunakan air hangat. Hal ini bisa membuat keadaan tubuh si kecil menjadi sangat releks, dan panas bisa memperlancar kembali sistem pencernaan juga pembuangan tinja yang terhambat.

  1. Latihan kaki

Anda bisa membantu si kecil untuk melakukan latihan yang ringan dengan cara memberikan juga membuat si kecil untuk melakukan gerakan menendang seperti tengah bersepeda. Dan hal ini bisa membantu si kecil dalam melonggarkan gesekan terhadap saluran usu serta sangat baik untuk mengurangi gas yang ada di dalam perut.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517