Bunda, Yuk Kita Kenali Tumbuh Kembang Anak Balita Dengan Cermat!

Tumbuh kembang anak. Dr. dr. Saptawati Bardosono, MSc dari Indonesian Nutrition Association menyatakan bahwa seorang anak akan diketahui tumbuh dengan baik ketika berat badan serta tingginya bertambah seiring dengan pertambahnya usia mereka. Sedangkan seorang anak akan di katakana tumbuh dan berkembang jika aktivitas fisik juga kognitifnya bertambah deiring dengan bertambah usia si kecil.

Nah, perlu bunda ketahui, bahwa tahapan tumbuh kembang anak balita terbagi menjadi 6 bagian, yaitu tahapan bayi yang baru lahir di kisaran 0-1 bulan, bayi 1-12 bulan, balita 1-4 tahun, pra-sekolah 3-6 tahun, usia sekolah 6-12 tahun dan remaja 12-18 tahun.

Dalam perjalanan tumbuh kembang anak balita, pastinya si kecil akan memiliki tingkat penambahan berat badan. Nah, sebagai orangtua, bunda harus lebih memperhatikan si kecil ketika usianya menginjak 4 bulan, 12 bulan, 1-10 tahun. Dan ketika suianya menginjak 4 bulan, maka tumbuh kembangnya akan berjalan dengan baik ketika ia memiliki berat badan dua kali lipat berat badannya ketika ia lahir.

Nah ketika ia mulai memasuki usia 12 bulan, maka berat badannya akan mencapai 3 kali lipat berat badan ketika ia lahir, dan ketika usianya mencapai usia 1-10 tahun, maka idealnya ia akan mengalami pertambahan berat badan 2,3 kg setiap tahunnya. Dan selanjutnya, proses pertambahan berat badannya akan berjalan dengan cepat selama masa pubertasnya.

Sedangkan untuk pertambahan tinggi badan si kecil, bunda bisa memperhatikannya ketika ia mulai memasuki usia 1 tahun, usia 4 tahun, dan usia 13 tahun.

Ketika si kecil memasuki usia 1 tahun, ia akan memiliki peningkatan terhadap tinggi badan sebesar 50% dari panjiang ketika ia di lahirkan. Ketika usianya memasuki 4 tahun, maka idealnya si kecil akan memiliki tinggi dua kali lipat ketika ia di lahirkan. Dan ketika usianya memasuki usia 13 tahun, maka tinggi badan si kecil bisa mencapai tiga kali lipat dari tingginya ketika ia dilahirkan. Nah ketika di atas usia 13 tahun, maka anak Anda bunda akan mengalami peningkatan tinggi badan yang sangatlah cepat dari sebelumnya.

Bukan hanya itu, bunda juga penting untuk memperhatikan sejumlah faktor yang memang bisa mempengaruhi pertumbuhan juga perkembangan si kecil. Salah satunya faktor genetic, budaya, nutrisi, lingkungan, status kesehatan anak juga keluarga. Dan angka-angka yang disebutkan di atas bisa bunda jadikan sebagai sebuah patokan untuk bunda memperhatikan tumbuh kembang si kecil. Selain itu, bunda juga penting untuk memperhatikan sejumlah zat gizi yang tepat guna membantu tumbuh kembang anak.

Jika bunda merasa adanya pertumbuhan yang di alami si kecil yang aneh juga tidak wajar, maka jangan ragu untuk bunda mengkonsultasikannya kepada dokter.

Related Posts

Share This