Bunda Wajib Mewaspadai Penyakit Kulit Pada Anak

Halo bunda, pada kesempatan ini kami akan membahas artikel kesehatan si kecil yang harus benar-benar bunda perhatikan, terutama kesehatan kulit yang kerap di alami oleh si kecil. Penting untuk bunda ketahui, bahwa keadaan kulit si kecil masih sangat sensitive dan berbeda dengan anatomi orang-orang yang sudah dewasa, sehingga di usia si kecil yang masih dini masih sangat rentan mengalami gangguan kulit.

Bunda harus benar-benar memperhatikan kesehatan anak, terutama kesehatan kulit, karena keadaan kulit yang bermasalah hanya akan membuat si kecil merasa tidak nyaman. Anak akan sering mengalami keluhan gatal, menangis, panas, sampai dirasanya perih pada bagian kulit. Untuk penularan penyakit kulit yang diderita si kecil sangatlah mudah terjadi, karena adanya sistem kekebalan tubuh si kecil yang masih dalam keadaan berkembang.

Kulit si kecil memiliki peranan yang sangat penting, salah satunya yaitu untuk pertahananan yang bisa mengancam tubuh si kecil, seperti serangan sinar matahari juga bakteri. Ketika terjadinya gangguan terhadap kulit si kecil, maka tidak jarang anak mengalami demam pada anak. Dan berikut ini ada beberapa jenis penyakit kulit yang sering penyerang si kecil yang harus benar-benar di perhatikan oleh bunda, yaitu sebagai berikut:

  1. Ruam popok

Ruam popok akan terjadi ketika popok yang di gunakan si kecil basah atau lembab yang memang bisa menimbulkan jamur, sehingga bisa membuat si kecil menjadi tidak nyaman. Kondisi seperti ini bisa ditandai dengan adanya warna kemerahan di bagian selangkangan si kecil, serta munculnya rasa gatal hingga panas pada si kecil. Untuk mencegah terjadinya ruam popok pada si kecil, maka bunda bisa mengganti popo si kecil secara teratur, sehingga kulit si kecil tetap terjaga kering serta bersih.

  1. Biang keringat

Biang keringat ini sangat umum terjadi pada usia anak-anak, dan biasanya terjadi di beberapa bagian tubuh seperti wajah, leher, punggung serta bokong si kecil Biasanya biang keringat yang terjadi pada si kecil ditandai dengan warna kulit yang kemerahan yang disertai dengan rasa gatal, sehingga membuat si kecil menjadi sering menangis. Biang keringat biasanya terjadi karena adanya perubahan cuaca, sehingga si kecil sangat membutuhkan waktu untuk beradaptasi.

  1. Eksim

Eksim merupakan salah satu penyakit kulit yang bisa saja menyerang si kecil, walaupun jenis penyakit ini tidak akan menular, namun penyakit ini kerap ditandai dengan adanya peradangan yang sangat hebat serta menyebabkan munculnya gelembung yang berukuran kecil hingga akhirnya pecah dan mengeluarkan cairan. Untuk mencegah terjadinya penyakit ini, bunda bisa menghilangkan rasa gatal yang dialami si kecil guna menghindari terjadinya infeksi.

  1. Intertrigo

Intertrigo biasa terjadi di beberapa bagian lipatan tubuh si kecil. Dan biasanya penyakit ini terjadi di bagian ketiak, perut hingga bagian dalam tubuh si kecil. Biasanya gangguan ini ditandai dengan adanya bagian merah pada kulit, gatal hingga sakit jika mengalami gesekan. Biasanya hal ini terjadi karena adanya kelembaban yang berlebihan.

  1. Seborrhea

Gangguan ini merupakan peradangan kulit pada bagian atas, biasanya ditandai dengan adanya sisik di bagian kulit kepala si kecil, bagian leher, pipi, dada, hingga bagian-bagian tubuh lainnya. Gangguan ini hampir mirip dengan ketombe yang berkerak pada si kecil. Untuk menangani masalah ini, maka bunda bisa menggunakan minyak zaitun atau bahkan baby oil.

Related Posts

Share This