Bunda Wajib Mengetahui Tanda Bayi Cukup ASI

Tanda bayi cukup ASI. Masa menyusui merupakan masa dimana ikatan batin antara ibu dengan buah hati semakin erat terjalin. Dan 6 bulan pertama setelah melahirkan, bayi sangat membutuhkan ASI sebagai sumber energi serta asupan yang mampu membantu tumbuh kembangnya.

Nah, ketika Anda memberikan susu kepada si kecil dengan menggunakan botol, maka dengan mudah Anda bisa mengetahui seberapa banyak si kecil minum. Namun, bagaimana caranya kita menegathui kalau si kecil sudah cukup minum ASI jika ia disusui secara langsung?

Nah, di bawah ini ada beberapa tanda kalau si kecil sudah cukup minum ASI ibu, yaitu sebagai berikut:

  1. Buang Air Kecil

Pertanyaannya, berapa kali si kecil buang air kecil dalam stau hari? Dalam hal ini Anda harus lebih jeli. Dan ANda bisa mengukurnya dari popok yang ia pergunakan. Dan jika si kecil jelas kurang buang air kecil, maka bisa jadi ia tidak cukup mendapatkan ASI, dan itu artinya ia masih kekurangan asupan ASI. Namun jika si kecil lebih banyak buang air kecil, maka itu tandanya buah hati Anda mendapatkan asupan ASI yang cukup.

  1. Buang Air Besar

Anda juga bisa melihat tanda si kecil cukup minum ASI dari frekuensi buang air besar. Jika si kecil buang air besar lebih jarang dari biasanya, maka hal tersbeut bisa menjadi pertanda kalau kebutuhan makannya belum tercukupi dengan baik. Karena penurunan frekuensi buang air besar merupakan salah satu indikasi kalau si kecil masih dalam keadaan lapar.

  1. Waktu Menyusui

Waktu menyusui merupakan salah stau hal yang penting untuk Anda lakukan secara rutin. Karena idealnya, setiap kali Anda menyusui si kecil, si kecil akan menyusu sekitar 10-20 menit dalam satu kali menyusu.

  1. Tidur Tenang

Jika si keicl mulai menangis dan ia menolak untuk makan, maka itu artinya ia belum mendapatkan asupan ASI dalam jumlah yang cukup. Karena rasa lapar bisa membuat si kecil menjadi rewel dan terus merengek. Dan jika si kecil mendapatkan asupan ASI yang cukup, maka ia akan tertidur dengan tenang.

  1. Menakar Kecukupan ASI

Untuk menjawab secara pasti, apakah si kecil sudah cukup kenyang dengan ASI yang diberikan, maka Anda bisa mencoba untuk memeras ASI Anda dan mencoba untuk memindahkannya kedalam botol.

Cobalah selama satu hari Anda untuk menyusui si kecil dengan menggunakan botol. Karena umumnya bayi hanya membutuhkan sekitar 800-1000 ml susu di usia 4-6 bulan. Namun hal tersebut akan sangat tergantung terhadap kondisi masing-masing dari bayi itu sendiri.

Nah, itulah beberapa tanda bayi Anda cukup mendapaykan ASI yang memang harus benar-benar Anda pahami. Semoga postingan kami kali ini bisa membantu Anda dalam lebih memahami kondisi si buah hati.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517