Bunda Wajib Mengetahui 6 Gejala Leukemia Pada Anak

Untuk saat ini, hampir sebanyak 60% kanker yang banyak dialami oleh anak-anak yaitu leukemia pada anak. Dan sayangnya, ketika di bawa ke rumah sakit untuk di periksa, banyak anak yang mengalami masalah ini dalam tahapan akut. Dan wajib bagi Anda sebagai orangtua mengetahui gejala leukemia pada anak.

Leukimia pada anak umumnya di alami oleh anak yang berusia 2-6 tahun. Akan tetapi, kanker jenis ini bisa saja terjadi pada semua kelompok umur, dengan kelompok terbanyak yaitu anak-anak serta orangtua di atas 50 tahun.

Nah, berikut ini ada beberapa gejala leukemia pada anak yang wajib Anda ketahui, yaitu sebagai berikut:

  1. Demam dan mudah terkena infeksi

Dikarenakan keadaan sel darah putih yang abnormal, maka kuman yang masuk menjadi tidak bisa dilawan oleh sel darah putih. Dan sel darah putih yang seharusnya bertugas untuk melindungi tidaklah berfungsi dengan baik. Maka dari itu, anak-anak akan menjadi sangat rentan terkena infeksi serta sering demam.

Demam serta infeksi merupakan tanda atau gejala awal terjadinya leukemia pada anak. Memang bukanlah suatu hal yang mudah untuk membedakan demam yang biasa dengan demam sebagai pertanda leukemia. Namun demam yang menandakan leukemia umumnya lebih dari 38 derajat celcius yang akan berlangsung beberapa hari dan sering terjadi.

  1. Anemia

Anemia ini juga akan terjadi karena keadaan tubuh yang memang kekurangan sel darah. Umumnya anak-anak yang menderita leukemia akan mengalami anemia dengan ciri-ciri keadaan muka yang pucat, tidak memiliki tenaga, mudah merasa lelah serta mengalami sesak nafas.

  1. Nyeri tulang

Umumnya anak-anak yang menderita leukemia akan merasakan nyeri di bagian tulang. Dan nyeri di bagian tulang ini bukan karena adanya luka atau memar. Nyeri tulang yang di rasakan oleh anak yang menderita leukemia umumnya akan semakin memburuk dari waktu ke waktu, hal ini dikarenakan sumsum tulangnya terakumulasi oleh sejumlah sel darah putih yang memang telah abnormal.

  1. Kelenjar yang bengkak

Adanya kelenjar getah bening yang membengkak, dan ini juga merupakan salah stau gejala awal yang memang sering diamati pada anak yang menderita leukemia. Bengkak ini umumnya akan terlihat di bagian dada, pangkal leher serta ketiak. Kelenjar getah bening ini bisa membengkak karena adanya akumulasi sejumlah sel darah putih yang abnormal.

  1. Mudah berdarah dan memar

Umumnya anak-anak yang mengalami penyakit mematikan ini sangat mudah mengalami memar dan berdarah, yang memang merupakan tanda adanya tingkat pembekuan darah yang rendah.

  1. Gejala lainnya yang sering di alami oleh anak yang mengalami leukemia yaiti seringnya mimisan, perdarahan gusi, mengalami sulit bernapas, hilangnya nafsu makan, berat badan yang sangat rendah, sering mengeluhkan sakit kepala, hati dan limpa membesar, keringat yang keluar secara berlebihan pada malam hari dan akan munculnya bintik-bintik merah kecil pada daerah kulit, yang memang dikenal sebagai petechiae.

Related Posts

Share This